info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

BEM FF UNAIR Dukung Pemberantasan Hipertensi

BEM FF UNAIR Dukung Pemberantasan Hipertensi dengan Berikan Edukasi ke Masyarakat

Dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Dunia yang jatuh setiap tanggal 17 Mei, BEM Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) menyelenggarakan kegiatan Pharmacare dalam bentuk sosialisasi langsung kepada warga. Agenda ini terlaksana pada Minggu (19/5/2024) berlokasi di Taman Flora Bratang Surabaya. Tujuan dari dilangsungkannya kegiatan ini adalah untuk memberantas hipertensi dengan meningkatkan pengetahuan dan awareness warga terkait penyakit Silent-Killer dunia tersebut.

Sosialisasi dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan pembukaan internal oleh panitia Pharmacare. Setelah briefing singkat, sosialisasi dilakukan oleh masing-masing 2 panitia yang dilanjut dengan mendatangi warga sekitar yang sedang berkunjung ke Taman Flora Bratang untuk memberikan edukasi tentang Hipertensi. Edukasi yang diberikan meliputi definisi, gejala, jenis, cara pencegahan, hingga edukasi kepatuhan kepada pasien Hipertensi. 

Sosialisasi dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Dunia ini juga merupakan salah satu bentuk kontribusi FF UNAIR dalam mensupport point Sustainable Development Goals (SDGs) poin 3, Good Health and Well-being. SDGs nomor 3 menargetkan beberapa aspek penting dalam kesehatan, yakni mengurangi kematian akibat penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung, serta mencapai cakupan kesehatan universal. Oleh karena itu, FF UNAIR turut berkiprah dalam pencapaian tujuan ini dengan berbagai program yang berfokus dalam meningkatkan edukasi masyarakat dan upaya untuk menekan angka penyakit serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Warga menyambut dengan antusias sosialisasi yang diberikan dengan pertanyaan seputar cara mendeteksi dan mencegah hipertensi. Bahkan, Beberapa warga penderita Hipertensi membagikan cerita tentang kondisinya dan berkonsultasi kepada panitia Pharmacare. 

Tak hanya itu, panitia Pharmacare juga membagikan selebaran informasi terkait Hipertensi dan souvenir sebagai ucapan terimakasih atas kesediaan dan waktu yang diberikan warga.

Sosialisasi ini diharapkan dapat mengedukasi dan meningkatkan kesadaran warga terkait bahaya hipertensi dan bagaimana pencegahannya, ungkap Nadien, ketua Pharmacare FF UNAIR 2023/2024.

 

Reporter: Farmapos
Editor: Tim Humas FF UNAIR