info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Pharmacare 2024 Mendorong Masyarakat Lebih Peduli dengan Kesehatan Mental dan Pencegahan Bunuh Diri

Pharmacare 2024 Mendorong Masyarakat Lebih Peduli dengan Kesehatan Mental dan Pencegahan Bunuh Diri

Sabtu (14/09/2024), BEM Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) turut memperingati hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 September 2024. Aksi ini diwujudkan melalui pemberian edukasi secara langsung kepada masyarakat melalui kegiatan Pharmacare.

Kegiatan ini merupakan sosialisasi yang diberikan sebagai langkah promotif dan preventif agar masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan mental dan mawas diri terhadap berbagai ancaman atau faktor risiko yang dapat mempengaruhi tindakan bunuh diri. Harapannya dapat menurunkan angka kematian dari gangguan kesehatan mental. Sosialisasi ini merupakan bentuk kontribusi FF UNAIR dalam mewujudkan SDGs 3 Good Health and Well-being

Bunuh diri adalah tindakan tragis dimana seseorang dengan sengaja mengakhiri hidupnya sendiri yang seringkali didahului oleh adanya permasalahan. salah satunya adalah masalah kesehatan mental. Resiko bunuh diri dapat meningkat karena beberapa faktor seperti gangguan kesehatan mental, penyalahgunaan zat narkotika psikotropika, trauma dan kekerasan, serta mungkin dikarenakan masalah kesehatan. Beberapa indikator peringatan yang perlu diperhatikan meliputi apabila seseorang sering membicarakan mengenai bunuh diri, mengungkapkan rasa putus asa atau keinginan untuk mengakhiri hidup maupun adanya perubahan perilaku yang nyata, termasuk ketidakpedulian sosial, perubahan suasana hati yang ekstrem, atau adanya tindakan menyakiti diri sendiri.

Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia adalah momen penting untuk meningkatkan kesadaran, memperkuat empati, dan mendorong solidaritas di seluruh dunia. Hari ini mengingatkan kita bahwa setiap kehidupan itu berharga, setiap cerita layak untuk didengar, dan setiap orang memiliki peran dalam menciptakan lingkungan yang penuh perhatian dan dukungan terhadap satu sama lain. Banyak orang yang berjuang dalam diam, menghadapi rasa putus asa, kesepian, dan rasa sakit yang sulit mereka ungkapkan. Namun, melalui kepedulian bersama, kita dapat membantu mereka menemukan cahaya dalam kegelapan.


Reporter : Josephine Hoo (2022)
Editor: Tim Humas FF UNAIR