info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

FF UNAIR Berdayakan Masyarakat Sukoharjo untuk Mengelola Obat di Rumah Demi Tingkatkan Kualitas Kesehatan

FF UNAIR Berdayakan Masyarakat Sukoharjo untuk Mengelola Obat di Rumah Demi Tingkatkan Kualitas Kesehatan

Tim Pengmas Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) pada 21 September 2024 melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat melalui program Brown Bag dan program meRAPIkan KOtak obat di rumah (RAPIKO) kepada anggota penggerak PKK Desa Pondok Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo.

Kegiatan yang mendukung SDGs 3 "Good Health and Well-being" di bidang kesehatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang obat dan melatih warga tentang cara mengelola obat di rumah demi meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Kegiatan dimulai dengan Sambutan Ketua PKK Ibu Sri Padmi Handayani, dilanjutjan dengan pemberian materi oleh Dr. apt. I Nyoman Wijaya, SpFRS. mengenai apa itu obat, dan cara mengelola obat di rumah termasuk penyimpanan dan pembuangan sampah obat yang benar.

Acara dilanjutkan dengan RAPIKO, yaitu praktik meRAPIkan KOtak obat. "Kami menyediakan kotak obat, label obat, serta kartu daftar obat. Anggota PKK dilatih mencatat obat termasuk tanggal membuka kemasan. Harapannya, dapat diperkirakan PAO atau periid after opening, yang berarti batas obat aman digunakan" jelas apt. Gesnita Nugraheni, S.Farm., M.Sc sebagai Ketua kegiatan pengmas ini.

Acara diakhiri dengan tanya jawab dan Quiz serta pemberian hadiah bagi anggota PKK yang dapat menjawab pertanyaan quiz dengan benar.

Warga antusias dan merasa kegiatan ini bermanfaat bagi pengelolaan obat yang aman di rumah tangga.