info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Edukasi Masyarakat Terkait DAGUSIBU, FF UNAIR Laksanakan Pengmas di Lamongan

Edukasi Masyarakat Terkait DAGUSIBU, FF UNAIR Laksanakan Pengmas di Lamongan

Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) sebagai fakultas farmasi terbaik di Indonesia memiliki komitmen untuk terus berkontribusi meningkatkan kualitas layanan kesehatan di tanah air. Hal ini dapat diwujudkan dengan berbagai kegiatan termasuk pengabdian masyarakat (pengmas).

Pada 1 Juli 2024, FF UNAIR mengadakan pengmas di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Topik yang diusung pada kegiatan kali ini adalah "Kampung Tangguh Sadar DAGUSIBU Obat (Dapatkan, Gunakan, Simpang, Buang).

Bekerjasama dengan PC IAI Lamongan, tim pengmas FF UNAIR memaparkan materi terkait pengelolaan obat yang baik dan benar dengan metode DAGUSIBU. Sejumlah lebih dari 30 peserta yang merupakan ibu-ibu warga desa setempat memiliki animo yang tinggi dalam mengikuti kegiatan ini.

Terbukti mereka mendengarkan penjelasan dengan seksama terkait DAGUSIBU. Tak hanya itu, mereke juga menanyakan beberapa hal terkait materi yang disampaikan.

Materi ini sangat penting bagi mereka, karena ibu rumah tangga lah yang seringkali bertugas melakukan pengelolaan obat untuk keluarga. Mereka juga dapat membagikan pengetahuan ini kepada para keluarganya di rumah dan kerabat lain. Dengan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia akan tercapai.

Di pengmas kali ini, FF UNAIR memberikan Xbanner untuk dipasang di balai desa setempat. Harapannya, warga akan selalu mengingat cara pengelolaan obat DAGUSIBU yang telah disampaikan oleh tim pengmas FF UNAIR. Selain itu, warga yang tidak sempat hadir pada kegiatan pengmas pun juga dapat memperoleh informasi tersebut.

Melalui kegiata ini, FF UNAIR mampu mengimplementasikan SDGs poin 3 "Good Health and Well-being".