info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Bersama FKH UNAIR, Dosen FF UNAIR Ajak Masyarakat Mengolah Limbah dan Menanam Kelor untuk Pakan Ternak

Dosen FF UNAIR Ajak Masyarakat Mengolah Limbah dan Menanam Kelor untuk Pakan Ternak

Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) di Desa Biting, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Kegiatan pengmas ini diselenggarakan pada 31 Agustus-1 September 2024. Bertempat di Balai Kesenian Jembatang Pelangi Desa Biting, kegiatan ini mengusung tema "Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Biting, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo Melalui Pengembangan Ternak Berbasis Pengolahan Limbah Organik Sebagai Pakan Ternak dan Diversifikasi Produk Olahan Hasil Ternak".

Sejumlah 40 orang peserta yang terdiri dari peternak, tokoh masyarakat, ketua dan pengurus bumdesma, hingga masyarakat desa setempat mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan antusias.

Dosen FF UNAIR, yaitu Dr. apt. Neny Purwitasari, S.Farm., M.Sc. kala itu didapuk menjadi pembicara pada kegiatan ini. Beliau mengedukasi masyarakat untuk melakukan pengolahan limbah organik yang dapat dimanfaatkan menjadi pakan ternak. Dengan begitu, limbah organik yang dapat mencemari lingkungan dan menyebabkan masalah kesehatan dapat dimanfaatkan dengan baik.

Selain itu Bu Neny juga mengajak masyarakat untuk menanam pohon kelor. Beliau memaparkan manfaat, kegunaan, serta cara budidaya pohon kelor yang tentunya selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, juga berguna sebagai bahan campuran pakan ternak yang memiliki gizi tinggi.

Tak hanya itu, melalui budidaya pohon kelor, Desa Biting akan terasa lebih asri dan rimbun.

Kegiatan pengmas ini merupakan implementasi dan dukungan nyata FF UNAIR pada SDGs poin 15 yaitu Life on Land.