info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Bekerjasama dengan Universiti Teknologi Malaysia, Dosen FF UNAIR Edukasi Pekerja Migran Indonesia di Malaysia

Dosen FF UNAIR Bersama Dosen dari Beberapa Perguruan Tinggi Lain Berikan Edukasi pada Pekerja Migran Indonesia di Malaysia

Pada tanggal 29 April sampai dengan 4 Mei 2024 kemarin, World University Association of Community Development (WUACD) Universitas Airlangga bekerjasama dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Pada kesempatan tersebut, dosen Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) yaitu Prof. Dr. apt. Wiwied Ekasari, M.Si. turut serta menjadi fasilitator.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong pembangunan secara inklusif serta mengatasi tantangan pendidikan yang dihadapi oleh anak-anak pekerja migran Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan memperkuat kerjasama antara UNAIR dan perguruan tinggi di luar negeri untuk mengimplemetasikan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Kala itu peserta berjumlah puluhan orang. Program merupakan bentuk implementasi dari SDGs 4 yaitu Quality Education sekaligus SDGs 17 partnership fot the goals.

Selain dilangsungkan di UTM, kegiatan ini juga dilaksanakan di Konsulat Jenderal di Johor Bahru dengan berfokus pada edukasi terkait peningkatan literasi digital, perlindungan hukum, dan pemberian bantuan bagi pekerja migran Indonesia di Malaysia, khususnya di Johor. Program ini juga mencakup kunjungan ke Kampung Sungai Melayu agar para peserta dapat belajar tentang sejarah dan kegiatan masyarakat di daerah tersebut.

Tak hanya dosen, mahasiswa pun juga diikutsertakan untuk berpartisipasi pada kegiatan ini. Pengalaman ini membawa mereka untuk bertemu dan mengamati secara langsung kondisi pekerja migran legal dan ilegal di daerah tersebut. Dengan begitu mereka dapat terlibat langsung dalam pemecahan masalah yang ada di masyarakat.