info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

FF UNAIR Latih Masyarakat Sidoarjo untuk Menghasilkan Produk Probiotik yang Inovatif

Tim Pengmas FF UNAIR Latih Masyarakat Sidoarjo untuk Menghasilkan Produk Probiotik yang Inovatif

Tim pengabdian masyakarat (pengmas) Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) tak ada henti-hentinya mengedukasi masyarakat dari berbagai aspek. Pada hari Sabtu (3/8/2024) lalu, kegiatan pengmas yang diketuai oleh  Prof. apt. Dra. Esti Hendradi, M.Si., Ph.D. diselenggarakan di Desa Candi Kabupaten Sidoarjo.

Lebih dari 20 masyarakat yang hadir kala itu dilatih dan didampingi oleh tim pengmas FF UNAIR untuk menghasilkan inovasi produk probiotik yang bukan hanya menyehatkan, namun juga memiliki nilai ekonomis jika dijual. Dari kegiatan ini, dapat diketahui bahwa FF UNAIR mendukung penuh SDGs poin 4 yaitu Quality Education.

Pengmas ini berfokus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait cara membuat probiotik yang baik dan benar sehingga dapat diolah menjadi yogurt. Tak hanya itu, masyakarat juga dilatih untuk mengolah produk probiotik yang inovatif dengan menambahkan beebagai bahan herbal yang tentunya memiliki manfaat bagi kesehatan. Produk probiotik tersebut bisa ditambahkan wortel, bunga telang, bayem brasil, buah naga, jambu biji, daun kelor, dan beberapa buah lainnya.

Ketua UMKM Desa Candi Kabupaten Sidoarjo, yaitu Ibu Kasianah kala itu teramat senang dan mengucapkan terima kasihnya kepada Tim pengmas FF. Melalui kegiatan ini, masyakarat bukan hanya mendapatkan ilmu baru untuk menghasilkan produk sehat bagi konsumsi sendiri namun juga mendapatkan ide dan peluang bisnis.



Sumber:
PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN UNTUK INOVASI PRODUK BERBASIS PROBIOTIK DI DESA CANDI SIDOARJO