info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Mengundang Industri Kosmetik, FF UNAIR Gelar Lokakarya Perkuat Kerjasama dan Revitalisasi Standar Kompetensi Mahasiswa

Lokakarya Penguatan Jejaring Bersama Mitra dan Revitalisasi Standar Kompetensi

Demi melahirkan lulusan yang handal dan profesional, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal tersebutlah yang mendasari digelarnya kegiatan "Lokakarya Penguatan Jejaring Bersama Mitra dan Revitalisasi Standar Kompetensi di Bidang Kosmetik sebagai Tindak Lanjut Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM)".

Agenda penting ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2024 di Hotel Morazen Surabaya. Kala itu peserta lokakarya mencapai 35 orang.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperoleh modul pembelajaran MBKM bidang kosmetik Selain itu FF UNAIR juga ingin meningkatkan jejaring bersama mitra dan diperolehnya aktivitas/program guna penguatan kompetensi lulusan S1 Farmasi di bidang kosmetik serta untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran di institusi akademik dan industri magang.

Kegiatan lokakarya ini selaras dengan SDGs poin 17 yaitu partnership for the goals.

Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber. Narasumber pertama yaitu Bapak apt. Muhammad Kashuri, M.Farm. yang menjabat sebagai Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM yang memaparkan materi berjudul "Regulasi Produk Kosmetik dan update-nya pada materi dan proses pembelajaran di Perguruan Tinggi".

Kemudian dilanjutkan dengan presentasi oleh Prof Dr. Elly Munadziroh., drg., MS. yang merupakan Direktur Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni Universitas Airlangga Beliau mempresentasikan "Optimalisasi pembelajaran magang di Industri dan kampus guna peningkatan kompetensi lulusan".

Setelah ishoma, agenda pemaparan materi kembali dilaksanakan. Pemateri ketiga yaitu Ibu apt. Lestari, S.Si.  selaku QA manager PT. Martina Berto, Tbk. menjelaskan terkait "Aspek-Aspek CPKB-1 pada industri kosmetik dan pembelajarannya pada mahasiswa".

Terakhir, materi mengenai "Aspek-Aspek CPKB-2 pada industri maklon kosmetik dan pembelajarannya pada mahasiswa" dijelaskan CEO and Founder PT. Pillars Cosmetiklon Indonesia yaitu Bapak apt. Suhaidiar Sulaiman.

Pada akhir sesi dilakukan pembahasan terkait modul magang MBKM bidang industri yang dipimpin oleh Koordinator Program Studi Sarjana, Bapak apt. Chrismawan Ardianto, S.Farm., M.Sc., Ph.D.