info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Marine Drug Discovery and Development Conference Hari Pertama Sukses Digelar

Pelaksanaan Marine Drug Discovery and Development Conference Hari Pertama

Pada hari ini, 4 September 2024 Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) telah sukses melaksanakan rangkaian kegiatan pada hari pertama Marine Drug Discovery and Development Conference. Kegiatan konferensi internasional yang diketuai oleh Bapak apt. Andang Miatmoko, S.Farm., M.Pharm.Sci., Ph.D. ini akan berlangsung selama 2 hari hingga tanggal 5 September 2024 di Hotel Morazen Surabaya.

Pada hari pertama ini dihadirkan pembicara-pembicara hebat dari beberapa universitas ternama dunia yang telah kerapkali bekerjasama dengan FF UNAIR. Kerjasama ini berhasil dimanfaatkan oleh FF UNAIR untuk membagikan ilmu yang luas dari sudut pandang para expertise dari berbagai negara sehingga mendukung SDGs 17. Terhitung lebih dari 80 peserta yang berasal dari berbagai institusi di beberapa negara hadir pada kegiatan ini. 

Di hari pertama ini, dilaksanakan 2 sesi plenary, 2 sesi presentasi oral, dan 1 sesi presentasi poster.

Setelah opening ceremony serta sambutan dari Dekan FF UNAIR, Prof. apt. Junaidi Khotib, M.Kes., Ph.D. acara dimulai dengan pemaparan materi oleh Prof. Khuloud Al-Jamal asal King’s College London, Inggris. Beliau memaparkan materi yang menarik dengan judul "Polymeric nanocapsules for loading and delivery of naturally occurring agents for tumor therapy in vitro and in vivo".

Setelah itu dilanjutkan dengan plenary session 1 yang dimoderatori oleh Bapak apt. Andi Hermansyah, Ph.D. Pada sesi ini ada 3 pembicara membagikan ilmu yang menarik.

Materi pertama berjudul "Mechanism of immunomodulation by the short chain fatty acid butyrate" disampaikan oleh Prof. Dr. Gaeert van den Bogaart asal University of Groningen Belanda. Selanjutnya, Prof. Minoru Narita dari Hoshi University Jepang menjelaskan terkait "Cancer neuroscientific analysis of diverse cancer pathologies by using marine-derived materials". Kemudian ditutup dengan pemaparan materi oleh Profesor asal Universitas Hasanuddin Indonesia yaitu Prof. Dr. rer. nat. apt. Marianti A. Manggau terkait "Marine Drug Development and Delivery of Fucoidan for Enhanced Anti-Coagulant and Anti-Aging Activity: An Invivo Study in Mice Animal Model".

Sedangkan pada plenary session 2, materi disampaikan oleh 2 pembicara. Pembicara pertama yaitu Dr. Kishneth Palaniveloo yang berasal dari University of Malaya Malaysia dengan judul materi "Chemical Diversity of Marine Organisms: Exploring its role in Ecology and Drug Discovery". Kemudian materi terkait "Marine Microbial Natural Product as New Drug Leads" dibagikan oleh Dr. Angela Salim dari University of Queensland, Australia. Sesi ini sukses dibawakan oleh Ibu apt. Suciati, Ph.D. sebagai moderator.

Sesi oral presentasi dan poster presentasi diadakan disela-sela 2 plenary sessions tersebut.

Para Peserta Mendengarkan Penjelasan dari Pembicara