info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Mahasiswa FF UNAIR Melakukan Riset di Hoshi University Jepang


Mahasiswa FF UNAIR Melakukan Riset di Hoshi University Jepang

Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) telah terikat kerjasama dengan berbagai universitas terbaik di dunia, salah satunya adalah Hoshi University Jepang. Melalui kerjasama tersebut, FF UNAIR dan Hoshi University kerapkali mengadakan agenda penting, salah satunya adalah kolaborasi riset.

Fawaz Sihab, mahasiswa tingkat sarjana angkatan 2020 selama satu bulan menjalani aktivitas riset di Hoshi University. Tepatnya pada tanggal 28 Februari hingga 29 Maret 2024 lalu, ia melakukan riset tentang synthetic organic chemistry, yaitu sintesis senyawa baru untuk dilakukan uji aktivitas antiangiogenesis.

Selama menjalani riset di Hoshi University tersebut, Fawaz bercerita bahwa ia mendapatkan berbagai pengalaman baru yang menyenangkan sekaligus dapat menunjang tugas akhir yang sedang dikerjakan. 

"Selain mendapatkan pengalaman baru yang dimana labnya berbeda, suasananya berbeda, juga mendapatkan skill baru seperti menggunakan NMR, MS, dan juga mendapatkan insight baru mengenai penelitian tentang sintesis obat serta penunjang tugas akhir yang saya kerjakan" tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa ⁠dukungan FF UNAIR sangat membantu dirinya. Karena dengan menjadi mahasiswa FF UNAIR yang menjalin kerjasama dengan berbagai universitas ternama tingkat dunia ia bisa mendapatkan pengalaman tersebut. Selain itu dukungan untuk ijin administrasi dan finansial yang bisa dikatakan tidak mudah juga berhasil ia peroleh dengan bantuan dari pihak FF UNAIR. 

Program ini merupakan wujud keterlibatan FF UNAIR dalam mendukung SDGs 17 Partnerships for the goals. Kerjasama antara FF UNAIR dan Hoshi University mampu meningkatkan kualitas edukasi dan pengajaran bagi mahasiswa FF UNAIR yang mana nantinya akan diterjunkan ke masyarakat sebagai farmasis yang handal untuk menangani kualitas kesehatan masyarakat.