info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Mahasiswa FF UNAIR Terbang ke Thailand untuk Kunjungan ke Mahasarakham University

Mahasiswa FF UNAIR Saat Berkunjung ke Mahasarakham University

Pada tanggal 13-23 Agustus 2024, mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) melakukan kegiatan Student Outbound ke Mahasarakham University Thailand yang terletak di bagian Northeast of Thailand. Kala itu mahasiswa yang berangkat berjumlah 10 orang yang terdiri dari 9 orang Mahasiswa Program Profesi Apoteker Periode 118 (Agda Rismafuri Mukti Kirana, Farrah Yulian Listyandi, Fahrul Rozi Saputro, Firdha Fauzia, Kiki Antafa Najla, Natasha Vine Angelique, Riko Setiawan, Wynne Tara Elvira, Yussi Ananda) dan 1 orang Mahasiswa Magister Farmasi (Evi Nurain Murandani).

Sebelum melakukan kunjungan secara langsung ke Mahasarakham University, terlebih dahulu digelar pertemuan secara online melalui platform zoom meeting pada 6 Agustus 2024. Pertemuan tersebut bertujuan untuk saling berkenalan satu sama lain dengan perwakilan dosen dan juga student club yaitu Young Ambassador sebelum bertemu secara langsung nantinya.

Selama 10 hari di Mahasarakham University Thailand, para mahasiswa FF UNAIR banyak mendapatkan pengalaman dan ilmu baru. Mereka diberikan pandangan terkait “Introduction to Healthcare System in Thailand” yang secara umum membahas tentang kesehatan, sistem pelayanan kesehatan dan kefarmasian, serta asuransi kesehatan di Thailand. Tak hanya itu, mereka juga ikut serta pada kegiatan Thai Culture and Language serta beberapa kegiatan pertukaran budaya lainnya.

Para mahasiswa FF UNAIR juga berkesempatan melakukan praktik penelitian di laboratorium milik Mahasarakham University. Agenda kunjungan ke mini industry dan rumah sakit yang dimiliki oleh Mahasarakham University juga dilaksanakan. Mereka juga diajak untuk melakukan home care visit ke beberapa pasien.

Sebelum kembali ke tanah air, pada penghujung rangkaian kegiatan student outbond tersebut mahasiswa FF UNAIR melakukan kegiatan summary of the experience. Mereka memberikan feedback terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Kala itu Dekan dan beberapa dosen Mahasarakham University Thailand juga turut serta hadir.