info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Penmas Unair di Magetan: Edukasi Pentingnya Pemahaman Obat bagi Kesehatan Keluarga

Foto : Lawu FM

Foto : Lawu FM

Magetan, 13 Agustus 2023 – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG's) 3, yang berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di segala usia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar kegiatan sosialisasi dan pengabdian masyarakat (Penmas) di Kabupaten Magetan.

Program ini diselenggarakan oleh Fakultas Farmasi Unair dan bertempat di Djimato Cafe, Magetan. Kegiatan ini melibatkan berbagai elemen masyarakat dan organisasi wanita setempat, seperti Dharma Wanita Persatuan, Persit, Fatayat NU, Muslimat NU, dan lainnya. Fokus utama sosialisasi ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan, menerapkan pola hidup sehat, serta pemahaman mengenai penggunaan obat yang tepat, baik obat penyakit menular maupun tidak menular.

Foto dengan Berwama GOW Kab Magetan, Ibu Titik dan ketua Dian Kemala (Dok. Pribadi)

Foto dengan Berwama GOW Kab Magetan, Ibu Titik dan ketua Dian Kemala (Dok. Pribadi)


Ketua Tim Penmas Fakultas Farmasi Unair, Prof. Dr. apt. Retno Sari, menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan tanggung jawab sosial perguruan tinggi untuk mendidik masyarakat dan rutin diadakan setiap tahun. Ia menekankan pentingnya pengetahuan mengenai jenis obat, kemasan, keamanan, serta stabilitas obat agar masyarakat dapat menggunakannya dengan benar dan efektif.

Dalam acara ini, Dr. M. Agus Syamsur Rijal, seorang narasumber dari Unair, juga menguraikan pentingnya pemahaman terkait informasi dan penandaan pada kemasan obat. Sedangkan Dr. Dewi Isadiartuti menjelaskan bahwa stabilitas obat merupakan hal yang penting agar obat dapat memberikan efek sesuai dengan tujuan dan tidak membahayakan penggunanya. Hal ini, menurutnya, bertujuan untuk membantu masyarakat menggunakan obat dengan aman dan optimal. Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Magetan, Titik Sudarti Suprawoto, menyambut baik kegiatan ini dan berharap agar anggotanya dapat menyebarluaskan pengetahuan yang diperoleh kepada masyarakat luas.

Foto : Rasi FM

Foto : Rasi FM


Universitas Airlangga berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan diperluas ke daerah-daerah lain. Komitmen Unair dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di daerah yang membutuhkan diharapkan dapat semakin mendukung tercapainya tujuan SDG's 3, yakni kehidupan yang sehat dan sejahtera bagi semua.

 

 

Disadur dari :

Lawu TV
Rasi FM