info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Sukses Lulus 3 Semester dan Jadi Wisudawan Terbaik, Favian Rafif Firdaus Bagikan Tips

Kelulusan pasti menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap mahasiswa, apalagi jika berhasil menjadi lulusan terbaik tentunya hal ini menjadi dambaan dan kebahagiaan semua orang. Perasaan tersebut dirasakan oleh apt. Favian Rafif Firdaus. S.Farm., M.Farm.

Bagaimana tidak, pada momen wisuda yang sukses digelar pada tanggal 3 Maret 2024 kemarin, Favian, sapaan akrabnya, berhasil lulus dan menjadi wisudawan terbaik. Ia dinyatakan lulus pada program studi Magister Ilmu Farmasi (MIF) dan meraih gelar M.Farm. dengan memperoleh indeks prestasi kumulatif atau IPK nyaris sempurna yaitu 3,97. Tak hanya memperoleh IPK tinggi dengan predikat "Dengan Pujian", Favian juga berhasil menyelesaikan masa studinya dengan cepat. Ia berhasil lulus hanya dengan melalui 3 semester saja, yang mana masa studi normal mahasiswa magister adalah 4 semester.

Favian menuturkan bagi mahasiswa yang ingin menempuh masa studi 3 semester tipsnya adalah mulailah menentukan topik penelitian tesis sejak semester 1 dan segera mungkin konsultasi setelah mendapatkan dosen pembimbing. Mahasiswa juga harus aktif untuk mencari informasi terkait topik atau data seperti apa yang dapat dipublikasikan sebagai syarat kelulusan. Hal ini maksudkan agar mahasiswa memiliki banyak waktu untuk menulis hingga mempublikasikan artikelnya, sehingga tidak perlu khawatir dengan proses publikasi yang mungkin lama. Namun tentunya harus dibarengi dengan ikhtiar, berdoa dan meminta restu orang tua.

"Dalam perjalanannya pasti akan menemukan masalah yang tidak terduga baik dari dosen pembimbing, subjek penelitian, perijinan, atau faktor keluarga yang tidak terduga, maka dalam mewujudkan keinginan lulus 3 semester harus dibarengi dengan rasa tidak mudah menyerah, mau bangkit dengan cepat serta tidak gampang kena mental jika menemui masalah baik yang masalah berat atau ringan semua harus dihadapi dan ditaklukan." tutur Favian.

Ia juga menambahkan bahwa selama menempuh kuliah MIF ini rasanya seperti "naik wahana Tornado di Dufan". Tetapi segala rintangan dapat dilewati satu persatu dengan tekad yang kuat dan support dari orang-orang terdekat. Favian juga selalu melibatkan Tuhan dalam setiap langkahnya hingga dapat mencapai prestasi ini.