info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

FF UNAIR Gelar Workshop Bekerjasama dengan HPTLC Association Chapter Indonesia

Para Peserta Workshop saat Mengikuti Sesi Hands On

Sebagai Fakultas Farmasi dengan reputasi tinggi, tentunya laboratorium Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) memiliki fasilitas yang lengkap. Hal ini lah yang membuat FF UNAIR dirasa layak menyelenggarakan berbagai workshop.

FF UNAIR bekerjasama dengan Asosiasi HPTLC Chapter Indonesia menyelenggarakan workshop bertajuk "Penetapan Profil Kromatogram & Senyawa Identitas Bahan Baku & Ekstrak Herbal Menggunakan HPTLC/TLC berdasarkan FHI, Farmakope Eropa dan USP". Kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai tanggal 29 Februari hingga 1 Maret 2024 bertempat di FF UNAIR, Gedung Nanizar Zaman Joenoes. 

Workshop yang sukses dihadiri oleh 28 peserta ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai berbagai pengembangan dan aplikasi HPTLC, sebagai metode kontrol kualitas bahan baku dan produk bahan alam. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan insight dan pengalaman dalam penerapan dan pengembangan metode kontrol kualitas dari farmakope herbal Indonesia, dan mencermati yang sudah dilakukan di Farmakope Eropa dan US Farmakope.

Pada hari pertama Ketua HPTLC Association Chapter Indonesia, Prof. Dr.rer.nat. apt. I Made Agus Gelgel Wirasuta, M.Si. memberikan materi berjudul "Senyawa Identitas Berdasarkan FHI, Eur Ph. dan USP". Kemudian dilanjutkan dengan Dr. apt. Idha Kusumawati, M.Si. Sekjen HPTLC Association Chapter Indonesia sekaligus Ketua Panitia dan Dosen FF UNAIR yang menyampaikan pembahasaan dengan topik "Optimasi dan Validasi Metode Penentuan Senyawa Identitas dan Profil Kromatogram".

Sedangkan pada hari kedua memasuki sesi hands on dimana para peserta diajak praktek deteksi dan identifikasi bahan baku herbal. Selanjutnya, hasil dari sesi tersebut didiskusikan bersama.

Dengan adanya kolaborasi ini tentunya FF UNAIR mampu berperan aktif dalam memajukan dunia kesehatan khususnya pada pengobatan herbal. Hal ini selaras dengan SDGs poin 17 Partnership for the Goals.

Prof. Gelgel dan Dr. Idha Memimpin Sesi Diskusi