info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Cakrawala 2024 Sukses Tumbuhkan Rasa Kekeluargaan bagi Sivitas Akademika FF UNAIR

Potret kebersamaan panitia dan mahasiswa baru dalam Cakrawala 2024 (Dokumentasi: Pribadi)

Cakrawala 2024, salah satu program kerja Departemen PSDM Kabinet Arkana sukses diselenggarakan pada Jumat-Minggu (12-14/1/2024) di Villa Pondok Claket Indah, Mojokerto. Adhichandra Dhanis, ketua Cakrawala 2024, memaparkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh sekitar 170 mahasiswa baru.

“Sifatnya tidak wajib, tapi akan sayang sekali jika tidak ikut karena Cakrawala adalah sarana bagi mahasiswa baru untuk bisa lebih akrab dan mengenal baik angkatannya maupun angkatan lain serta beberapa informasi tambahan seperti informasi tiap KBK di Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR). Selain itu, mahasiswa baru juga dapat mengenal lebih jauh terkait dengan pendidikan Apoteker dan S2,” terang mahasiswa yang akrab disapa Dhanis itu.

Selain itu, lanjutnya, tujuan lain Cakrawala adalah sebagai sarana healing bagi mahasiswa setelah UAS karena terdapat berbagai kegiatan seru, seperti games kelompok, jurit malam, dan tracking.

Bukan hanya untuk mahasiswa baru, Dhanis menyebut bahwa manfaat juga turut dirasakan oleh panitia yang bertugas. “Panitia juga jadi mengenal satu sama lain, baik satu angkatan maupun angkatan lain serta dosen. Menjadi sarana healing bagi panitia,” paparnya.

“Meskipun persiapannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, yakni 10 bulan, tapi saya berharap semoga Cakrawala tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya. Semoga panitia tahun depan tetap bisa merasakan impact positif dari Cakrawala,” ujar Dhanis.

Menurutnya, terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan, yaitu komunikasi antar sesama panitia, baik itu BPH maupun anggota divisi, serta memiliki banyak plan untuk mengantisipasi apabila terjadi hal di luar ekspektasi.

“Cakrawala cukup membuat angkatan kami lebih akrab melalui games yang ada dan juga menambah informasi terkait hal-hal seputar Fakultas Farmasi UNAIR,” kesan salah satu mahasiswa baru.

Ditanya mengenai lanjutan program kerja, Dhanis mengungkap bahwa Cakrawala wajib diadakan tiap tahun. “Karena Cakrawala adalah salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat, baik untuk peserta maupun panitia serta elemen lain yang dilibatkan dalam kegiatan ini. Selain itu, Cakrawala merupakan program kerja yang sejak dulu selalu hadir sebagai sarana mempererat kekeluargaan mahasiswa Fakultas Farmasi UNAIR,” tutupnya.

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdW8ItU032cmm0MAfqzuK0oyH9Iie3BVU-mseRGH7wrNdwNuA/viewform?usp=sharing 

Penulis : Leivina Ariani Sugiharto Putri
Editor: Tim Humas FF UNAIR