info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

SmartMed-Simapo Hasil Kolaborasi Riset antara FF UNAIR dan MSU Malaysia

Seperti yang kita ketahui bersama Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) dan School of Pharmacy, Management and Science University (MSU) Malaysia telah kerapkali bekerjasama dan berbagai bidang. Pada bidang penelitian pun, keduanya telah membangun kerjasama dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan melalui kehadiran penelitian "SmartMed-Simapo (Pharmacist Connecting Care)".

Penelitian ini merupakan kolaborasi antara FF UNAIR dalam grup riset Innovative Pharmacy Practice and Integrated Outcomes Research (INACORE) yang diketuai Bapak apt. Andi Hermansyah, S.Farm.,M.Sc., Ph.D. bersama dengan Dr. Ibrahim Abdullah dari School of Pharmacy MSU. Riset yang diusung adalah pembuatan aplikasi yang mewadahi medication review program untuk pasien lansia.

SmartMed-Simapo adalah inovasi yang menjadi fokus pada riset kolaborasi ini. Pharmacist connecting care merupakan aplikasi yang menghubungkan antara apoteker dengan pasien serta antar apoteker yang berfokus pada pelayanan kefarmasian untuk penyakit kronis serta pharmacovigilance.

Melalui penelitian ini dihadirkan suatu produk inovasi yang sangat berguna untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang tentu saja dapat diterapkan di kedua negara asal penelitinya dan tidak menutup kemungkinan di negara-negara lain juga. Kolaborasi riset ini menjadi suatu bentuk bukti nyata dukungan FF UNAIR untuk mencapai SDGs poin 9 terkait industry, innovation and infrastructure.