info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Membuka Wawasan Masyarakat Gili Iyang Tentang Manfaat Anggur Laut Untuk Kesehatan

Tim Pengmas FF UNAIR Edukasi Warga Gili Iyang Terkait Pemanfaatan Anggur Laut untuk Kesehatan

Pulau Gili Iyang merupakan bagian dari Kabupaten Sumenep. Pulau Gili Iyang dikenal juga sebagai ‘Pulau Oksigen’ karena kandungan oksigennya yang sangat tinggi. Lokasi Pulau Gili Iyang yang terpisah dari pusat pemerintahan Kabupaten Sumenep (di Pulau Madura) berdampak pada terbatasnya beberapa akses vital, termasuk akses pada sarana pelayanan kesehatan. Mau tidak mau masyarakat Gili Iyang harus memanfaatkan kekayaan alam untuk menjaga kesehatan, namun kondisi tanah yang kurang subur tentunya menjadi tantangna tersendiri.

Kondisi geografis Pulau Gili Iyang membuat pulau ini kaya akan potensi kelautan, salah satunya adalah kekayaan tumbuhan laut yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan namun sayangnya hal ini belum disadari sepenuhnya oleh masyarakat setempat.

Sebagai upaya menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat yang selaras dengan pencapaian SDGs 3 tentang health and well-being, maka Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) melakukan kegiatan edukasi tentang manfaaat Anggur Laut untuk kesehatan kepada masyarakat Gili Iyang. Selain kaya nutrisi, beberapa studi menunjukkan Anggur Laut (Caulerpa sp.)  juga memiliki khasiat sebagai antioksidan, antibakteri, antifungi, imunomodulator, dan sebagainya. Setelah masyarakat memahami tentang khasiat tersebut, diharapkan selanjutnya dapat lebih mengoptimalkan pemanfaatan Anggur Laut untuk kesehatan.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Airlangga Community Development Hub (ACHD) 2023 FF UNAIR yang diadakan tanggal 21-22 Oktober 2023 dan terlaksana di Balai Desa Banraas.

 

Penulis: Tim Pengabdian Masyarakat FF UNAIR