info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Dukungan FF UNAIR untuk Capai SDGs 15 Melalui Edukasi Pengelolaan Obat

Kunjungan ke Rumah Salah Satu Pasien

Tak ada henti-hentinya dukungan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) untuk mencapai tujuan SDGs 15 Life of Land. Dukungan tersebut dibuktikan dengan terlaksananya pengabdian masyarakat (pengmas) berjudul "Pendampingan dan Praktik Pengelolaan Obat Rumah Tangga yang Baik pada Keluarga Pasien Apotek Farmasi Airlangga Surabaya".

Pada kegiatan ini, masyarakat diedukasi dalam banyak hal salah satunya tentang cara membuang obat sisa, rusak atau kedaluwarsa agar tidak membahayakan lingkungan. Seperti yang kita ketahui, obat terbuat dari berbagai macam bahan kimia sehingga diperlukan cara khusus untuk membuangnya.

Tim pengmas FF UNAIR bekerjasama dengan Apotek Farmasi Airlangga dalam pengembalian obat kedaluwarsa, rusak dan tidak diperlukan masyarakat. Obat yang teridentifikasi rusak dan kadaluarsa, serta obat sisa dan tidak dapat digunakan lagi kerena terjadi perubahan terapi atau akibat dari ketidakpatuhan pasien akan dimusnahkan sesuai ketentuan BPOM melalui pihak ketiga yang menjadi rekanan FF UNAIR agar tidak disalahgunakan dan mencemari lingkungan.

Dikemas dalam bentuk kunjungan ke rumah pasien, kegiatan ini menyasar 33 orang pasien di area Surabaya dengan melibatkan mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker periode 118. Para mahasiswa tersebut tentunya tetap berada dalam pengawasan apoteker profesional saat menjalankan kegiatan. Telah dimulai sejak September 2023 lalu, kegiatan ini rencananya masih akan dijalankan hingga Januari 2024 mendatang.