info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Kunjungi Rumah Pasien Apotek Farmasi Airlangga, Tim Pengmas FF UNAIR Berikan Edukasi Pengelolaan Obat

Tim Pengmas FF UNAIR Melakukan Kunjungan ke Pasien untuk Berikan Edukasi Pengelolaan Obat

Pengelolaan obat rumah tangga adalah hal yang sangat penting. Obat yang disimpan di rumah tangga dengan berbagai golongan dan tujuan penggunaan perlu diidentifikasi agar dapat diberikan penanganan yang sesuai. Masyarakat juga kemungkinan mendapatkan obat dari sumber yang tidak semestinya seiring maraknya toko online dan beberapa klaim yang tidak benar mengenai obat terutama yang berkaitan dengan kondisi pandemi.

Selain itu, penyimpanan obat yang tidak benar akan menyebabkan kerusakan sediaan obat yang berakibat obat tidak lagi dapat memberikan manfaat bahkan dapat menyebabkan efek yang sangat berbahaya. Tentunya kita tidak ingin kasus seperti itu terjadi di masyarakat kita.

Hal tersebut yang mendasari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) melaksanakan pengabdian masyarakat (pengmas) berjudul "Pendampingan dan Praktik Pengelolaan Obat Rumah Tangga yang Baik pada Keluarga Pasien Apotek Farmasi Airlangga Surabaya". Kegiatan yang dijalankan untuk mewujudkan SDGs 3 Good Health dan Well-being ini dilaksanakan sejak bulan September 2023 dan saat ini masih berjalan. Dibawah pengawasan apoteker, mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker periode 118 melaksanakan kunjungan ke rumah 33 pasien dari Apotek Farmasi Airlangga Surabaya untuk melakukan mengedukasi masyarakat terkait pengelolaan obat.

Pada kegiatan ini dilakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang melibatkan apoteker komunitas untuk memberikan edukasi dan pendampingan kepada warga mengenai pengelolaan obat rumah tangga yang baik dan benar agar tercapai peningkatan pengetahuan dan perilaku, masyarakat sasaran dalam mengelola obat yang benar di rumah tangga.

Target dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan obat rumah tangga. Edukasi dilakukan dengan media booklet yang memuat 12 macam infomasi mengenai obat-obat yang biasa digunakan dalam rumah tangga.