info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Goes to School : Pembuatan Herbarium Tanaman Kumis Kucing

Pada Rabu (05/07/23) lalu, mahasiswa yang tergabung dalam Tim Pengabdian Masyarakat BEM Fakultas Farmasi Unair melakukan kunjungan ke Desa Palangsari, Pasuruan untuk mengajak anak-anak Sekolah Dasar mengenal, menanam, serta membuat herbarium tanaman kumis kucing. Kegiatan ini telah terlaksana dengan lancar dan penuh antusias, menyisakan pengalaman serta kenangan yang berharga untuk semua pihak yang terlibat.

Dalam kegiatan ini, setelah pemaparan materi tentang tanaman kumis kucing dan kegunaannya dalam bidang kesehatan, anak-anak diajak untuk ikut serta menanam tanaman ini di halaman sekolah. Setelah itu, mereka bersama-sama membuat herbarium dengan antusias. Herbarium sendiri merupakan suatu kumpulan spesimen yang telah dikeringkan atau bisa juga disebut sebagai koleksi spesimen-spesimen yang telah diawetkan dan disimpan untuk suatu kurun waktu yang lama. Selain menyenangkan, membuat herbarium juga memiliki fungsi sebagai penyedia informasi keanekaragaman hayati di Indonesia.

Kegiatan edukasi ini selaras dengan keikutsertaan Fakultas Farmasi dalam mendukung upaya Unair untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama tujuan ke-empat, yakni Quality Education. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan anak-anak mendapat pengetahuan yang luas mengenai tanaman-tanaman yang memiliki manfaat kesehatan, juga terpacu untuk membuat herbarium menggunakan tanaman-tanaman jenis lain.