info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

FF UNAIR Berdayakan Masyarakat Bintan dalam Penggunaan Tanaman Obat

Tim Pengmas FF UNAIR Laksanakan Pengmas di Bintan

Kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) kembali dilaksanakan oleh tim Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) pada Senin, 18 September 2023. Rela jauh-jauh datang ke Kabupaten Bintan, pelaksanaan pengmas kali ini mengusung judul "Pemberdayaan Masyarakat tentang Pengolahan dan Penggunaan Tanaman Obat melalui Kader PKK".

Sebanyak 25 orang kader PKK berondong-bondong datang ke Balai Desa Pengudang untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Penyuluhan mengenai pengenalan manfaat tanaman obat untuk kesehatan dan dapat menjadi bahan baku obat tradisional, seperti pembuatan simplisia dan produk siap saji diberikan oleh Prof. Dr. apt. Wiwied Ekasari, M.Si. dengan metode ceramah, dan didampingi oleh apt. Anila Impian Sukorini, S.Si., M.Farm.

Selain penyuluhan, dilakukan juga diskusi mengenai pengalaman penggunaan tanaman obat oleh masyarakat bersama narasumber. Pada sesi ini para peserta aktif mengajukan pertanyaan atau konsultasi pada narasumber. Pengamatan secara langsung contoh produk olahan tanaman obat, hasil produksi mahasiswa dan dosen FF UNAIR, juga dilakukan. 

Dengan diadakannya kegiatan ini, peserta mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang manfaat tanaman obat untuk kesehatan dan dapat menjadi bahan baku obat tradisional, seperti pembuatan simplisia dan produk siap saji. Peserta dan perangkat desa menunjukkan respon positif pada kegiatan ini yang ditunjukkan dengan tumbuhnya motivasi untuk membuat produk obat tradisional yang aman dan tentunya berkhasiat bagi tubuh. Hal ini merupakan bentuk dukungan FF UNAIR untuk mencapai SDGs 3 Good Health dan Well-being.