info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Goes to School: Peran Apoteker dan Pentingnya Menjaga Kesehatan

Tim Pengmas BEM Fakultas Farmasi Unair kembali mendatangi sekolah dasar di Desa Palangsari, Pasuruan, pada Selasa (04/07/23) lalu dalam rangkaian program Pharmashare 2023. Pharmashare sendiri merupakan program yang bertujuan selain untuk memberikan edukasi dan pelayanan farmasi kepada masyarakat, juga untuk memperkuat hubungan antara universitas dan masyarakat. Program Pharmashare juga merupakan bagian dari komitmen FF Unair untuk terus mendukung pengembangan kesehatan masyarakat secara menyeluruh.

Dalam kegiatan Goes to School kali ini, anak-anak sekolah dasar mendapatkan kesempatan untuk memperluas ilmu tentang peran apoteker dan pentingnya menjaga kesehatan dari kakak-kakak mahasiswa. Cara penyampaian informasi yang interaktif dan tidak membosankan membuat anak-anak yang kut serta dalam kegiatan ini ikut serta aktif dalam sesi tanya jawab.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini dinilai krusial, terutama untuk anak-anak. Hal tersebut lantaran apoteker memegang peranan yang penting dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap kesehatan, terutama sebagai caregiver, anak-anak perlu memahami bahwa apoteker dapat memberi pelayanan kepada pasien, memberi informasi obat kepada masyarakat dan kepada tenaga kesehatan lainnya. Selain itu, disampaikan juga materi tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan cara yang menyenangkan sehingga anak-anak dapat lebih mudah menerima.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan anak-anak lebih memahami peran apoteker dan pentingnya menjaga kesehatan. Hal ini juga linear dengan tujuan Fakultas Farmasi untuk mendukung Unair dalam upayanya mencapai Sustainable Development Goals, terutama tujuan ke-empat, yakni Quality Education.