info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Green Action Gerakan 2M (Menanam dan Mengenal) Tanaman Herba

Tim Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Farmasi Universitas Airlangga mengadakan kegiatan Green Action di Desa Palangsari, Pasuruan, Jawa Timur pada Kamis (06/07/23) lalu. Green Action sendiri merupakan gerakan serta aksi mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mulai hidup hijau. Dalam kegiatan ini, mahasiswa FF Unair mengajak masyarakat setempat untuk mengenal dan menanam tanaman herba.

Pentingnya penanaman tanaman herba di lingkungan Desa Palangsari dinilai menjadi cikal bakal mahasiswa dalam mengadakan kegiatan ini, hal tersebut lantaran demi melindungi dan memberikan dampak positif kepada lingkungan. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa generasi muda setempat dengan panduan dari panitia penyelenggara. Penyampaian materi yang lugas dan informatif membuat adik-adik lebih mudah memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, terutama dengan adanya tanaman herba di sekitar kita.

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Fakultas Farmasi dalam mendukung penuh upaya Unair untuk mencapai Sustainable Development Goals, terutama tujuan ke 15, yakni Life on Land yang bernarasikan untuk melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan eksosistem daratan, mengelola hutan secara lestari, menghentikan penggurunan, memulihkan degradasi lahan, serta menghentikan kehilangan keanekargaman hayati. Selain itu, diselenggarakannya kegiatan ini adalah karena mahasiswa FF tahu betul bahwa tanaman herba mempunyai manfaat yang berlimpah bagi kesehatan.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan generasi penerus bangsa lebih mengenal tanaman herba beserta segudang khasiatnya serta lebih memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sekitar.