info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Atasi Luka dan Penurunan Memori, Simak Manfaat Daun Binahong yang Disampaikan Prof. Mangestuti Agil

Daun Binahong Kaya Akan Manfaat (Sumber Foto: Canva)

Demi mendukung terwujudnya SDGs 3 Good Health and Well-being, melalui media elektronik dan cetak Jawa Pos Prof. Mangestuti Agil kembali bagikan informasi kepada masyarakat terkait manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh. 

Beliau menuturkan sejak 15 tahun lalu tanaman ini dikenal secara empiris dapat mempercepat pengeringan luka pasca operasi, radang, dan memar.

Uji aktivitas antibakteri sudah dilakukan dengan bermacam-macam jenis jamur dan kuman. Hasilnya, daun binahong membantu mengatasi infeksi oleh bakteri tertentu. Melalui skrining pada daun binahong, juga ditemukan beberapa senyawa seperti alkaloid , flavonoid, saponin, steroid, terpenoid, dan polifenol. 

Pada uji khasiat penyembuhan luka diabetes dengan menggunakan daun binahong menghasilkan proses penutupan luka terlihat berlangsung seiring bertambahnya waktu pengobatan. Hasilnya menunjukkan penurunan area luka sebanyak 60% pada hari ke-14 pengobatan. 

Selain menyembuhkan luka, daun binahong juga dapat mengendalikan penurunan memori. Studi yang dilakukan pada hewan coba mencit menunjukkan bahwa terjadinya efek peningkatan memori dan belajar. Hal itu berkaitan erat dengan meningkatnya ekspresi protein yang bertanggung jawab pada memori dan belajar pada otak.

Tak lupa Prof. Mangestuti juga membagikan resep tumis dan jus daun binahong yang tentunya menyehatkan namun tetap lezat disantap.