info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Intip Khasiat Daun Cocor Bebek yang Disampaikan oleh Prof. Mangestuti Agil

Daun Cocor Bebek Punya Banyak Khasiat (sumber foto: Canva)

Informasi pemanfaatan tanaman cocor bebek oleh masyarakat dari berbagai negara menunjukkan sejumlah pengalaman untuk pengobatan dalam dan luar. Di Amerika, Afrika, Tiongkok, Australia, dan India, cocor bebek digunakan secara luas dalam pengobatan tradisional.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa khasiat daun cocor bebek sebagai penyembuh luka cukup beragam. Peneliti India melalui publikasi terbarunya menggunakan ekstrak etanol daun tersebut untuk mengamati aktivitas itu. Hasilnya, terjadi percepatan pengurangan ukuran luka dan pembengkakan.

Percobaan dengan berbagai pelarut juga dilakukan, termasuk air dan petroleum eter. Semuanya menunjukkan aktivitas, sedangkan ekstrak air menunjukkan aktivitas yang terbaik. Diduga, khasiat itu adalah hasil kerja dari senyawa golongan fenol dan glikosida steroidal.

Jenis luka yang dapat diobati dengan daun cocor bebek adalah luka teriris, bisul, dan bekas gigitan serangga. Selain itu, memar atau terkilir juga dapat diobati dengan daun cocor bebek. Namun, apabila luka makin membengkak atau tidak terlihat tanda penyembuhan setelah 3–4 hari, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Cara pemanfaatan daun cocor bebek sebagai obat luar adalah dengan mencuci daunnya terlabih dahulu dengan air bersih. Lalu, iris dan lumatkan hingga hancur dengan peralatan yang dicuci bersih sebelum dipakai. Selanjutnya, cuci daerah luka dengan cairan antiseptik dan bilas dengan air bersih. Kemudian bubuhkan daun yang sudah dihancurkan secukupnya pada area luka. Lakukan sebanyak 2–3 kali sehari sambil mengamati hasilnya.

Seluruh informasi ini disampaikan oleh Prof. Mangestuti Agil (Guru Besar FF UNAIR) melalui media cetak dan elektronik terkemuka guna mendukung tercapainya SDGs 3 Good Health da Well-being.

Sumber:
https://www.jawapos.com/kesehatan/01426405/khasiat-daun-cocor-bebek-bantu-penyembuhan-luka-keseleo-dan-memar