info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

FF UNAIR Gelar Pelatihan SEHATI dan Pangan Aman untuk Dukung SDGs 3

Pelatihan SEHATI dan Pangan Aman oleh FF UNAIR

SDGs 3 Good Health and Well-being menjadi salah satu prioritas Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) dalam memberikan kontribusi dan manfaat bagi masyarakat. Pada tanggal 21 Juli 2023, tim pengmas dari FF UNAIR membagikan pengetahuan tentang bahan tambahan pangan yang aman. Kegiatan pengmas kala itu bertema "Peningkatan Pengetahuan tentang Pangan Sehat, Aman dan Halal UMKM Pangan di Surabaya sebagai Implikasi SDGs 3".

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat terutama produsen UMKM terkait bahan tambahan pangan yang aman. Dengan begitu produk yang mereka jual ke pasaran aman dikonsumsi dan tidak membahayakan kesehatan masyarakat.

“Sebelum mengusulkan kegiatan ini, kami banyak berdiskusi dengan mitra tentang permasalahan dihadapi, teman teman dari UMKM mengatakan bahwa pengetahuan tentang bahan tambahan pangan yang aman, seperti pengawet dan pewarna yang diijinkan menjadi hal yang mereka butuhkan.” tutur ketua Tim Pengmas, Kholis Amalia Nofianti.

Tim pengmas Departemen Ilmu Kefarmasian FF UNAIR yang terdiri dari guru besar, dosen dan mahasiswa melaksanakan kegiatan pengmas di Kecamatan Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur.

Kegiatan pengmas ini juga merupakan hasil kolaborasi dengan Pusat Halal UNAIR untuk mengenalkan aplikasi SEHATI, atau sertifikasi halal gratis. Sebanyak 50 peserta yang merupakan warga sekitar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh.

Bahkan Ibu Hadisatul Ahadiah selaku Ketua UMKM Manggarsari Surabaya berharap kegiatan ini dapat berlanjut hingga pendampingan sehingga para peserta mampu mendapatkan sertifikat halal dan registrasi produk makanan dan minuman yang mereka produksi.