info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Pharmacare 2023 Gandeng Masyarakat dalam Kegiatan Pelatihan Jamu Guna Rayakan Hari Farmasi Sedunia

Antusiasime Warga Mengikuti Pelatihan Pembuatan Jamu

Departemen Pengabdian Masyarakat Kabinet Arkana Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) kembali melakukan kolaborasi dengan masyarakat sebagai salah satu program kerjanya, yakni Pharmacare. Kali ini, para panitia mengunjungi Balai RW 5 Jalan Kali Kepiting Jaya IV Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Surabaya, untuk melangsungkan kegiatan pelatihan jamu dengan tema ‘Pemanfaatan Tanaman Obat untuk Kesehatan Keluarga’. Kegiatan yang dilakukan pada Minggu (8/10/2023) tersebut dalam rangka Peringatan Hari Farmasi Sedunia pada tanggal 25 September.

“Alasan menyasar ke sana karena warganya sering menggunakan tanaman herbal untuk menjaga kesehatan atau mengobati penyakit. Namun, terkadang pengolahan secara mandiri tanpa memperhatikan karakteristik, sifat, dan metode yang sesuai, akan mengakibatkan kurang tercapainya manfaat tanaman obat secara maksimal. Oleh karena itu, Pharmacare ingin memberikan edukasi terkait tanaman obat dan pelatihan cara pengolahan tanaman obat untuk memaksimalkan manfaatnya sebagai tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan keluarga,” ungkap Madona, penanggung jawab kegiatan pelatihan jamu.

Kegiatan Pelatihan Jamu ini diikuti oleh 26 warga dan 15 panitia Pharmacare 2023 yang membuat jamu sirup bunga telang karena masyarakat di sana sudah banyak memanfaatkan bunga telang sebagai jamu. manfaat dari sirup bunga telang sebagai antioksidan. “Kami juga ingin mengedukasi masyarakat bahwa tidak semua jamu rasanya pahit, contohnya bunga telang yang dapat kita manfaatkan sebagai jamu dengan diolah menjadi sirup agar lebih mudah dikonsumsi karena rasanya manis tetapi tetap memiliki khasiat sebagai jamu,” kata Madona.

Pengolahannya juga cukup mudah, lanjutnya, yakni dengan menyiapkan bunga telang kering, gula, sereh, dan juga air. Cara membuat sirup dengan perbandingan 1 liter air membutuhkan 10 gram bunga telang kering atau 30 gram bunga telang segar dan 650 gram gula serta sereh 50 gram. Cara membuatnya adalah dengan mencuci bunga telang dan sereh menggunakan air mengalir, merebus bunga telang dan sereh dengan 1 liter air selama 15 menit dihitung dari mendidih, mematikan kompor, menyaring bunga telang dan sereh, kemudian sisihkan. Dalam panci yang sama, memasukkan rebusan bunga telang dan sereh yang telah disaring dan menambahkan 659 gram gula. Masak kembali hingga air menyusut dan mengental. Jika air yang digunakan 1 liter, maka hasil sirup akhir harus tetap 1 liter. Cara penggunaan sirup bunga telang adalah dengan melarutkan 2 sendok makan sirup dalam 250 mL air matang.

Produk Sirup Bunga Telang yang Berhasil Dibuat pada Pelatihan

“Menurut panitia sendiri, kegiatannya seru, menambah insight baru karena kita bisa mengaplikasikan teori yang kita pelajari di kelas secara langsung pada kegiatan pelatihan jamu ini. Kita juga dapat mengenalkan bahwa bahan sederhana bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan seperti bunga telang yang sederhana tapi bisa diolah menjadi sirup untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pharmacare 2023 merupakan bentuk dukungan FF UNAIR untuk mencapai SDGs 3 pada parameter good health & well-being.

Panitia Berfoto Bersama Warga Usai Kegiatan Berlangsung

 

Penulis: Leivina Ariani S.P. (2021)
Editor: Tim Humas FF UNAIR
Dokumentasi: Panitia Pharmacare 2023