info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

AWESOME 2023 Ajak Mahasiswa Asing Praktek Menggunakan Bahan Herbal Tradisional Indonesia

Mahasiswa Asing Mempraktekkan Pembuatan Obat Tradisional Indonesia

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (BEM FF UNAIR) tidak henti-hentinya menyelenggarakan acara berbasis internasional. Acara yang berjudul AWESOME (Airlangga Workshop Traditional Medicine) ini merupakan program yang berfokus pada peningkatan kesadaran akan penggunaan produk alami, khususnya pada pengobatan herbal, kosmetik herbal, dan aromaterapi. Tiga topik yang diangkat dalam acara ini pun tak kalah menarik, yaitu Jamu Heritage of Indonesia, Indonesian Traditional Cosmetics, dan Indonesian Aromatherapy as Relaxation Media.

Acara AWESOME 2023 terbuka bagi seluruh mahasiswa asing di Indonesia. Mahasiswa asing pun sangat antusias dengan benefit yang diberikan oleh program ini. Antusiasme tersebut dapat dilihat dari peserta yang mengikuti AWESOME 2023, mereka berasal dari berbagai negara. Mulai dari Malaysia, Mesir, dan juga Slovenia. Benefit yang ditawarkan acara AWESOME 2023 cukup menarik mulai dari mendapatkan ilmu dan pengalaman mengenai obat tradisional, mendapatkan sertifikat, dan yang tak kalah menarik adalah registrasi yang tanpa dipungut biaya.

Acara dengan total satu minggu yang terhitung mulai dari tanggal 4 hingga 10 September 2023 diselenggarakan di aula Gedung Nanizar Zaman Joenoes FF UNAIR. Pada hari pertama, tepatnya tanggal 4 September 2023, peserta menyimak penjelasan topik pertama mengenai Jamu Heritage in Indonesia yang dibawakan oleh Prof. apt. Rr. Retno Widyowati, S.Si., M. Pharm., Ph. D. Setelah mendengarkan penjelasan, partisipan dibagi menjadi beberapa kelompok yang kemudian akan melakukan praktek membuat jamu dari Indonesia.

Pada 5 September 2023, peserta menyimak topik kedua yaitu Indonesian Traditional Cosmetics yang dibawakan oleh Prof. Dr. apt. Wiwied Ekasari, M.Si. Topik ini sangat menarik terutama bagi kaum hawa yang sangat mencintai produk-produk kosmetika. Setelah mendengarkan penjelasan mengenai Indonesian Traditional Cosmetics, peserta dibagi lagi menjadi beberapa kelompok yang nantinya akan melakukan praktek pembuatan kosmetik tradisional Indonesia.

The last but not least. Pada hari ketiga, tepatnya tanggal 6 September 2023, peserta menyimak penjelasan topik terakhir yaitu Indonesia Aromatherapy as Relaxation Media yang dibawakan oleh apt. Suciati, S.Si., M.Phil., Ph.D. Tidak jauh berbeda dari hari-hari sebelumnya, peserta turut melakukan eksperimen untuk  membuat aromaterapi khas Indonesia.

Tidak hanya sibuk menyimak materi dan melakukan praktek saja tetapi mahasiswa dari berbagai negara itu pun diajak untuk berkeliling Indonesia. Destinasi yang dipilih, yaitu Gili-Ketapang dan dilaksanakan pada tanggal 9 September 2023. Acara di Gili-Ketapang sekaligus menjadi penutup rangkaian acara AWESOME 2023.

Banyak sekali pelajaran yang dapat diambil oleh partisipan setelah mengikuti acara ini. “Saya pribadi menikmati program yang kami lakukan ketika membuat pengobatan tradisional herbal karena merupakan pengalaman baru bagi saya. Selain itu, kami juga mendapatkan teman baru dari universitas lain dan negara lain juga. Momen yang sangat menyenangkan,” ucap Fatin, mahasiswa asing dari Malaysia.

AWESOME 2023 mencerminkan bahwa mahasiswa FF UNAIR turut mendukung tercapainya SDGs 3 Good Health and Well-Being. Setelah kegiatan ini usai peserta dari berbagai negara dapat memanfaatkan ilmu yang mereka dapatkan untuk kepentingan kesehatan diri mereka sendiri bahkan keluarga dan masyarakat disekitarnya.

Para Peserta AWESOME 2023 Berfoto Bersama dengan Pimpinan FF UNAIR dan Beberapa Panitia

 

Penulis : Shofiyyah (2022)
Editor : Ryfa (2022) & Tim Humas FF UNAIR
Fotografer : Panitia AWESOME 2022