info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

SEP BEM FF UNAIR Ajak Empat Mahasiswi Asing dari Mesir dan Slovenia Berkunjung ke PT Amerta Indah Otsuka

Mahasiswa FF UNAIR Berkunjung ke PT. Otsuka

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (BEM FF UNAIR) kembali menyelenggarakan Student Exchange Programme (SEP). Kali ini, SEP mendapatkan kesempatan untuk mengadakan pertukaran pelajar dengan empat mahasiswi asing yang berasal dari Mesir dan Slovenia. Program ini dilaksanakan selama satu bulan terhitung dari tanggal 18 Agustus - 17 September 2023.

Acara yang diselenggarakan oleh SEP sangat beragam. Mereka tidak hanya melakukan magang di Indonesia, tetapi mereka juga melakukan kegiatan lain seperti berkunjung ke pabrik, berkeliling Surabaya, talkshow, workshop, dan masih banyak lagi. Salah satu kegiatan yang tidak kalah seru adalah mengunjungi PT Amerta Indah Otsuka yang berada di Kejayan Pasuruan, Jawa Timur.

Perusahan yang bergerak dalam bidang bisnis minuman isotonik ini menyediakan program factory visit bagi para tamu umum. Program kunjungan pabrik ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk Otsuka, lengkap hingga pengenalan proses manufakturnya.

Beberapa waktu yang lalu, kami berkesempatan untuk mewawancarai salah satu exchanger bernama Tjaša. Perempuan asal Slovenia ini menuturkan bahwa dari serangkaian kegiatan SEP, menurutnya program factory visit inilah yang paling ia soroti. Selain karena produk-produk Otsuka ini tidak pernah ia temui di negaranya, pandangan baru soal proses manufaktur menawarkan wawasan yang memukau.

“Menyaksikan setiap langkah proses produksi serasa berada di salah satu episode acara televisi ‘How It’s Made’, series televisi kesukaan saya semasa kecil”, ujarnya. Kemudian ia juga menambahkan, “Kunjungan ini merupakan kesempatan luar biasa untuk mendapatkan wawasan tentang prosedur rumit yang terlibat dalam pembuatan produk ini”.

Selain mengamati proses manufaktur dari produk “Pocari sweat”, sebuah minuman isotonik pengganti cairan tubuh, para exchanger juga berkesempatan untuk melihat bagaimana proses marketing dan branding dari produk Otsuka yang lain, yaitu “Soyjoy”. Menurut Tjaša, produk makanan snack berbahan kedelai ini memiliki strategi marketing yang unik yang menarik hatinya, yaitu dengan merancang kartun yang ditampilkan di sebuah studio yang didesain seperti pesawat luar angkasa.

Di akhir masa kunjungan, para exchanger mendapatkan goodie bag yang berisikan produk-produk Otsuka yang dapat mereka cicipi. Perempuan tersebut mengatakan bahwa “Soyjoy”, salah satu produk Otsuka, memiliki rasa dan tekstur yang berbeda dibandingkan dengan yang ia bayangkan. Ia mengaku sangat menikmati camilan tersebut, begitu pula dengan keseluruhan rangkaian kegiatan kunjungan pabrik ini. “Kesempatan ini sangat berkesan dan pendidikan menjadi lebih baik berkat keramahtamahan perusahaan dan Tim SEP”, pungkasnya dengan nada gembira di akhir sesi wawancara kami.

 

Reporter          : Shofiyyah, 2022
Editor              : Nawal, 2022
Fotografer       : Nisrina, 2022