info@ff.unair.ac.id +62-31-5933150

Pengabdian Masyarakat FF UNAIR Ajak Siswa Kenali Lebih Dekat Tanaman Obat Keluarga

Antusiasime para Siswa-siswi saat Mengikuti Kegiatan Pengmas

Pada hari Rabu, 2 Agustus 2023, bertempat di Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) diadakan sebuah acara pengabdian masyarakat dengan tema edukasi terkait tanaman herbal. Para audience berasal dari perwakilan siswa masing-masing dari MTs dan MA Alif Laam Miim Surabaya. Acara ini dibawahi oleh Ibu Tutik Sri Wahyuni, S.Si., MSi., PhD., Apt.

Edukasi yang diberikan berupa pemaparan materi terkait manfaat tanaman obat keluarga dan diakhiri dengan praktik pembuatan sirup, masker, serta lulur dari bunga rosella dan bunga telang. Sesi pemaparan materi berlangsung di Aula Fakultas Farmasi dan praktik dilakukan di Laboratorium Fitokimia Fakultas Farmasi Universitas Airlangga.

"Pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk mengenalkan salah satu kearifan lokal yaitu tanaman herbal dan edukasi terkait pemanfaatannya. Harapannya para generasi muda dapat memiliki kemauan dan kemampuan untuk berinovasi dalam bidang penelitian serta kewirausahaan pada masa yang akan datang" Tutur Ibu Tutik Sri Wahyuni, S.Si., MSi., PhD., Apt.

Acara ini berlangsung secara atraktif. Para siswa selalu terlihat excited ketika pemateri melontarkan beberapa pertanyaan terkait materi yang diberikan. Hal tersebut dikarenakan adanya hadiah yang menarik akan dibagikan pada siswa yang berani menjawab dengan benar. Dengan demikian, para siswa saling berlomba lomba untuk menjawab pertanyaan dengan cepat dan benar.

“Acaranya seru, bisa belajar banyak hal termasuk pembuatan sirup dan masker. Dari acara ini saya jadi memiliki gambaran dan kesan yang baik terhadap dunia farmasi.” Ujar Faihah salah satu siswa yang mengikuti kegiatan tersebut.

 

Penulis: Jihan Amira (2021)
Editor: Anisa Salma (2022)
Dokumentasi: Nur Majid Putri (2021)