info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Pharmashare: Berbagi untuk Negeri Dimulai dari Desa Palangsari

Kegiatan Pharmashare Bersama Warga Desa Palangsari

Agenda tahunan Departemen Pengabdian Masyarakat BEM Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) yakni ‘Pharmashare’ kembali dilaksanakan sejak tanggal 1-10 Juli 2023. Kegiatan yang bertempat di Desa Palangsari, Kecamatan Puspo, Kabupaten  Pasuruan ini bermaksud untuk memberikan wawasan mengenai bidang kefarmasian serta mengoptimalkan kemampuan masyarakat dalam menciptakan peluang kerja baru yang masih berkaitan dengan bidang kefarmasian. Di bawah bimbingan Rr. Retno Widyowati, S.Si., M.Pharm., Ph.D., Apt, acara yang berjalan selama sepuluh hari ini mendapat tanggapan yang sangat positif dari warga sekitar.

Menurut panitia Pharmashare, Desa Palangsari merupakan sentra penghasil susu murni yang diketahui sebagai salah satu pemasok utama PT Indolakto memiliki sektor ekonomi yang menjanjikan. Semangat warganya dalam mencari ilmu dan berinovasi untuk maju menjadi penyebab berkembangnya desa ini. Namun, semangat dan kegigihan ini ternyata kurang didukung oleh fasilitas kesehatan yang memadai. Letak puskesmas yang cukup jauh menjadikan masyarakat kurang mawas terhadap kesehatan. Berkaca pada keadaan ini, panitia memutuskan untuk terjun langsung memberikan penyuluhan mengenai kesehatan dari sudut pandang kefarmasian.

Kegiatan Pharmashare diawali dengan melakukan kunjungan secara door to door dalam rangka menjalin perkenalan awal yang baik antara panitia dengan warga. Kunjungan ini juga kerap dilakukan sebelum rangkaian kegiatan sekaligus untuk meminta izin dan dukungan demi kesuksesan acara. Melalui door to door, panitia berhasil merangkul warga sehingga mendapatkan dukungan penuh di setiap rangkaian acara. Hal tersebut ditunjukkan dengan beberapa program kerja yang diinisiasi, diantaranya adalah Pharmashare Goes to School  yang dikhususkan untuk para siswa dengan tujuan mengadakan aktivitas belajar, berbagi wawasan mengenai pola hidup sehat, hingga info seputar kefarmasian. SDN 1 Palangsari dan SDN 3 Palangasari menjadi tempat dilaksanakannya agenda ini. Uniknya, meski dalam suasana liburan, para siswa tetap datang ke sekolah dengan semangat yang menggebu-gebu.

Selain memberikan edukasi di sekolah, panitia juga gencar memberikan edukasi melalui sesi Study on Group yang dilaksanakan setiap pukul 18.00 waktu setempat di area sekitar kediaman Kepala Desa. Metode pengajaran yang variatif dan menyenangkan berhasil menggugah semangat anak-anak untuk berkumpul demi menimba ilmu mengenai kesehatan dan kefarmasian. Kegiatan belajar ini bersifat lebih umum sehingga siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk datang dan belajar.

“Saya sangat senang mendapatkan kunjungan dan pengajaran langsung mengenai kesehatan. Informasi yang dikemas secara kreatif membuatnya semangat untuk mengikuti setiap sesi yang ditawarkan panitia karena hal-hal ini tidak disampaikan di sekolah,” aku salah seorang siswa kepada panitia.

Respons positif juga datang dari kalangan masyarakat umum terhadap kegiatan ini. Mereka mendukung penuh upaya-upaya panitia dalam rangka memberikan pembinaan mengenai pola hidup sehat. Partisipasi aktif mereka juga ditunjukkan pada agenda medical check up yang dilakukan panitia pada pagi hari sebelum memulai aktivitas. Masyarakat berdatangan dan mengantre dengan tertib untuk mengecek kondisi kesehatannya. Demikian, acara ini terus mendulang kesuksesan hari demi hari hingga penghujung acara yang ditutup dengan diadakannya pentas seni.

Mahasiswa FF UNAIR Saat Terjun Langsung pada Kegiatan Pharmashare

 

Reporter: Devia (2021)
Editor: Leivina (2021)
Fotografer: Panitia Pharmashare 2023