info@ff.unair.ac.id +62-31-5933150

Tim Pengmas FF UNAIR Edukasi Masyarakat Hasilkan Produk Kesehatan dari Kulit Manggis

Tim Pengmas FF UNAIR, PC IAI Banyuwangi, dan Peserta Berfoto Bersama di Akhir Acara

Sebagai bentuk wujud nyata kontribusi kepada masyarakat, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) bekerjasama dengan Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (PC IAI) Kabupaten Banyuwangi menggelar pengabdian masyarakat (pengmas) di Desa Songgon, Banyuwangi. Kegiatan yang telah terlaksana dengan sukses pada 22 Juli 2023 ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Desa Songgon dalam Pembuatan Produk Kesehatan Berbahan Dasar Buah manggis sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat”. Kegiatan ini termasuk dalam rangkaian peringatan Dies Natalis ke-60 Lustrum XII FF UNAIR.

Di desa Songgon, tanaman manggis banyak ditanam di kebun atau di pekarangan rumah penduduk. Namun sayangnya, selama ini buah manggis yang dihasilkan hanya dijual untuk kebutuhan konsumsi sebagai buah-buahan saja.

Berdasarkan hal tersebutlah Tim pengmas FF UNAIR berinisiatif untuk menjelaskan ke masyarakat bahwa buah dengan nama ilmiah Garcinia mangostana atau yang biasa kita kenal manggis telah terbukti secara ilmiah bermanfaat untuk kesehatan. Manriknya lagi, kulit buah manggis yang biasa kita buang ternyuata dapat meningkat imunitas, sebagai antioksidan, serta membantu menurunkan berat badan sehingga dapat dikonsumsi secara teratur sebagai produk obat tradisional.

Dengan begitu melalui kegiatan ini masyarakat Desa Songgon dapat mengoptimalkan sumber daya alam yang mereka miliki sebagai salah satu desa penghasil buah manggis. Tak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi dan keluarga dalam menjaga kesehatan, produk kesehatan dari Manggis ini juga memiliki nilai ekonomis.

Kegiatan pengmas ini dilaksanakan di Balai Desa Songgon. Acara diawali dengan penyampaian materi terkait manfaat buah manggis kepada para peserta. Kemudian, para peserta yang terdiri dari kader PKK dan Karang Taruna Desa Songgon diberikan pelatihan untuk membuat teh celup, masker, dan sirup dari buah manggis. Para peserta terlihat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini mulai dari awal hingga akhir. Di akhir acara tak lupa dilakukan foto bersama untuk mengenang momen ini.

Prof. Dr. apt. Wiwied Ekasari M.Si. Saat Menyampaikan Materi Terkait Manfaat Buah Manggis