info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Dr. Yuli Subiakto, Marsekal Pertama TNI Sekaligus Alumni FF UNAIR Bagikan Info Terkait Peran Farmasi di Lingkungan Militer

Pembicara dan Seluruh Peserta Berfoto Bersama Usai Kuliah

Tahukan Anda? Lulusan Kampus Farmasi yang selama ini disangka hanya dapat berkarir di Instansi Kesehatan atau Industri Kefarmasian ternyata juga bisa ambil bagian di Dunia Militer.  Pada pagi ini (30/3/2023) Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) sengaja mengundang Marsekal Pertama TNI (purn) Dr. Yuli Subiakto, M.Si. yang merupakan alumni FF UNAIR untuk memberikan kuliah dengan topik "Peran Farmasi di Lingkungan Militer".

Dr. Yuli, sapaan akrab beliau, menjelaskan bahwa peran farmasi di dunia militer sangatlah penting. Hal ini berkaitan dengan kesehatan para prajurit apalagi yang sedang menjalankan tugas. Selain itu, para prajurit dengan latar belakang ilmu kefarmasian juga dilibatkan pada penanggulangan ancaman hibrida serta pembuatan senjata biologis dan sebagainya.

Menurut penuturan beliau, banyak alumni FF UNAIR yang berkarir di dunia militer. Beliau sering menjumpai alumni FF UNAIR yang menjadi staf maupun pimpinan di beberapa lembaga milik TNI.

Saat ini beliau juga tercatat sebagai dosen aktif di Program Studi Manajemen Bencana Fakultas Keamanan Nasional Unhan, Prodi Intelijen Medik Sekolah Tinggi Intelijen Negara dan Fakultas Farmasi Militer Universitas Pertahanan dengan jabatan fungsional Lektor.

Melalui kuliah ini mahasiswa FF UNAIR dapat memiliki pendangan luas mengenai karirnya dimasa yang akan datang. Tak sedikit juga mahasiswa yang akhirnya tertarik untuk bergabung menjadi prajurit TNI dan mengabdi untuk bangsa. Mereka melontarkan beberapa pertanyaan terkait persyaratan untuk bergabung menjadi prajurit TNI serta bagaimana tips dan trik agar dapat lolos seleksi.