info@ff.unair.ac.id +62-31-5933150

Kreatifnya Mahasiswa FF UNAIR, Produk Tradisional Disulap Jadi Kekinian

Mahasiswa FF UNAIR sedang memakaikan param buatannya untuk pengunjung

Pada hari ini (5/12/2022) mahasiswa sarjana Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) angkatan tahun 2020 telah sukses menggelar pameran ramuan tradisional. Acara ini dilaksanakan di lobi lantai 1 Gedung Nanizar Zaman Joenes dan terbuka untuk umum.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tugas akhir dari para mahasiswa yang menempuh mata kuliah Obat Tradisional dan Komplementer. Dr. apt. Wiwied Ekasari, M.Si. selaku Dosen Penanggung Jawab Mata Ajar dari mata kuliah tersebutlah yang menginisiasi pameran ini.

Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa dapat mempraktekkan dengan benar bagaimana cara meramu bahan-bahan alam yang dapat memiliki nilai guna bagi kesehatan. Mereka juga dapat merasakan bagaimana terjun langsung untuk memberikan edukasi mengenai ramuan tradisional ke masyarakat umum, terutama generasi muda yang masih awam dengan hal ini. 

Tak hanya itu, kreativitas mahasiswa juga diuji dalam kegiatan ini. Terbukti para mahasiswa dengan kreatifnya menyulap tampilan ramuan tradisional menjadi kekinian dan memiliki nilai estetika. Mulai dari nama produk, kemasan, hingga cara penyajiannya pun dipikirkan matang-matang oleh mereka.

Contohnya saja produk Cabe Puyang yang diberi nama "Cayang" dan "Cipung" serta masih banyak lagi kreativitas lainnya yang ditampilkan para mahasiswa.

Produk yang dipamerkan pada acara ini tak hanya ramuan yang dikonsumsi, namun juga ada ramuan yang dipakai sebagai obat luar. Contohnya seperti param, pilis, masker dan lain-lain.

Para mahasiswa menjelaskan dengan detail terkait produk-produk mereka pada tiap pengunjung yang datang ke booth mereka. Tak hanya itu, pengunjung juga mendapat kesempatan untuk mencoba produk-produk buatan mereka. Jadi, selain pengunjung dapat memperoleh pengetahuan baru, tubuh mereka pun juga dapat merasakan langsung manfaat dari produk-produk yang dipamerkan.

Mahasiswa menyajikan jamu kunyit asam untuk pengunjung