info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Kegiatan "Siap Skripsi" Ajak Mahasiswa FF UNAIR Kenali Peluang Skripsi di Masing-masing Bidang Keilmuan

Siap Skripsi merupakan salah satu program kerja dari Departemen Internal BEM Fakultas Farmasi UNAIR. Program kerja ini tergolong baru karena tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaannya. Sesuai dengan nama programnya, Siap Skripsi bertujuan untuk menginformasikan mengenai skripsi mulai dari topik, dosen pembimbing, alur pengerjaan, dan segala sesuatu yang terkait skripsi yang ada di Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Departemen Fakultas Farmasi UNAIR. Informasi ini disampaikan langsung oleh perwakilan dosen dan juga terdapat sharing session dengan perwakilan kakak tingkat yang sedang skripsi di setiap KBK Departemen FF.

Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting setiap hari Sabtu, tanggal 5, 12, 19, 26 Maret, 2 dan 23 April 2022. Rangkaian acara diawali dari Departemen Farmasi Praktis yaitu dari KBK Farmasi Klinik dan KBK Farmasi Komunitas. Kemudian, dilanjutkan dengan Departemen Ilmu Kefarmasian yaitu dari KBK Kimia Farmasi, KBK Farmakognosi dan Fitokimia, dan KBK Farmasetika. Sebagai penutupan acara, terdapat literature review mengenai pencarian dan penelusuran pustaka yang disampaikan oleh perwakilan dosen KBK Farmasi Komunitas.

Pada setiap rangkaian acara diawali dengan penjelasan dosen mengenai skripsi pada KBK tersebut. Kemudian, dilanjutkan dengan tanya jawab, sharing session dengan perwakilan kakak tingkat yang sedang mengerjakan skripsi dari berbagai topik di setiap KBK. Acara berjalan cukup lancar dan tidak ada gangguan yang berarti. Partisipan khususnya angkatan 2019 yang akan menghadapi skripsi juga terlihat antusias dari beberapa pertanyaan yang diajukan kepada pembicara.

Kegiatan Siap Skripsi sangat bermanfaat bagi peserta, diantaranya yaitu peserta dapat mengetahui dan menentukan topik yang akan dipilih untuk skripsinya, peserta mengetahui informasi secara akurat karena narasumber langsung berasal dari perwakilan dosen dan kakak tingkat di setiap KBK, dan kegiatan ini juga bisa menjadi ajang setiap KBK untuk menampilkan penelitian dosen yang sedang berjalan yang bisa digunakan untuk skripsi. Dari berbagai manfaat itu, diharapkan kegiatan ini dapat berjalan tiap tahunnya.

Daftar perwakilan dosen:

KBK Farmasi Klinik: apt. Mareta Rindang Andarsari, S.Farm., M.Farm.Klin

KBK Farmasi Komunitas: apt. Andi Hermansyah, S.Farm., M.Sc., Ph.D

KBK Kimia Farmasi: Drs. apt. Marcellino Rudyanto, M.Si., Ph.D

KBK Farmakognosi dan Fitokimia: apt. Rr. Retno Widyowati, S.Si., M.Pharm., Ph.D

KBK Farmasetika: apt. Dini Retnowati, S.Farm., M.Si

Literature Review: apt. Elida Zairina, S.Si., MPH., Ph.D

 

Reporter : Freda (2019)

Editor : Latifa (2021)

Fotografer : Agung (2020)