info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Tukar Ilmu Menjadi Wadah untuk Mempelajari Desain dan Mengembangkan Kreativitas

Tukar Ilmu merupakan program kerja di bawah naungan Departemen Kominfo BEM FF UNAIR yang menjadi wadah, khususnya bagi mahasiswa Fakultas Farmasi yang ingin belajar mengenai desain. Acara Tukar Ilmu diadakan sebanyak tiga kali dalam satu tahun kepengurusan BEM FF UNAIR, yaitu pada tanggal 23 April 2022, 18 Juni 2022, dan 11 September 2022. Di Tukar Ilmu, peserta akan belajar tentang basic design terlebih dahulu, dimana peserta diberikan tips and tricks tentang hal yang paling mendasar dalam desain. Setelah itu, di Tukar Ilmu selanjutnya, peserta akan dikenalkan dengan aplikasi-aplikasi desain yang bisa digunakan untuk belajar mendesain, seperti Canva, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dll. Kemudian setelah mengenal aplikasi-aplikasinya, materi selanjutnya yang diberikan kepada peserta adalah materi-materi mendesain yang lebih dalam, seperti mendesain poster, mendesain kemasan obat, desain infografis, dll. Tidak hanya mendesain, tapi Tukar Ilmu juga berbagi ilmu bagaimana cara mengedit video. 

Partisipan terdiri dari dua perwakilan dari setiap departemen, satu perwakilan dari BLM dan kepanitiaan, serta seluruh mahasiswa Fakultas Farmasi yang tertarik untuk belajar mendesain dengan pengisi acaranya anggota dari Departemen Kominfo sendiri. Acara dibuka dengan pembukaan oleh MC, dilanjut dengan sesi materi (sharing session). Pada sesi ini, terdapat beberapa narasumber yang akan menyampaikan materi terkait desain dan di sesi ini peserta dapat melakukan tanya jawab agar lebih memahami materi tersebut. Kemudian dilanjutkan sesi games yang bertujuan untuk mengajak peserta agar lebih aktif dan memahami materi yang telah disampaikan. Peserta yang berhasil memenangkan sesi games akan diberi hadiah yang menarik.

Acara berjalan dengan lancar, menyenangkan, dan seru. Peserta terlihat sangat antusias, terutama ketika sesi games. Selain itu, banyak feedback positif yang disampaikan oleh peserta melalui link feedback yang telah dibagikan, seperti banyak peserta yang mengatakan bahwa Tukar Ilmu sangat bermanfaat bagi mereka untuk menambah ilmu tentang mendesain. “Bukan aplikasi yang menentukan seberapa bagus desain kalian, tapi bagaimana kalian bisa sekreatif mungkin berkreasi dengan desain kalian. Apapun aplikasi desainnnya, tetaplah percaya diri, Semangat!”, ujar Thalia.

 

Reporter : Thalia (2020)

Editor : Nabila (2020)

Fotografer : Sevana (2020)