info@ff.unair.ac.id +62-31-5933150

FF UNAIR Gelar Pelatihan untuk Para Produsen dan Pedagang Sentra Ikan Bulak Surabaya

Pada tanggal 25 September 2022 lalu tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) melaksanakan pelatihan untuk para produsen dan pedagang di kawasan Sentra Ikan Bulak Surabaya. Pada kegiatan ini FF UNAIR bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Surabaya.

Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk ikan serta hasil olahan para produsen dan pedagang di kawasan Sentra Ikan Bulak Surabaya. Dengan begitu mereka dapat lebih teredukasi untuk menghasilkan produk berkualitas dan meningkatkan nilai jual. Masyarakat yang menerima produk tersebut juga akan merasa aman dan nyaman karena produk yang dibeli memiliki kualitas.

Salah satu fasilitator pelatihan, Dosen FF UNAIR Bapak apt. Helmy Yusuf, Ph.D. berharap pelatihan yang dilakukan oleh FF UNAIR ini mampu menjadi katalisator dalam menunjang perbaikan produk dan olahan ikan di Sentra Ikan Bulak ke arah yang lebih baik. Pada pelatihan ini disampaikan juga terkait bahanyanya bahan kimia pangan dalam pengolahan ikan seperti formalin, MSG dan lain-lainnya. Selain itu juga diberikan pelatihan terkait bagaimana cara pengawetan, dengan pengasapan dan penggunaan es atau freezer yang baik dan benar.