info@ff.unair.ac.id +62-31-5933150

Mahasiswa FF UNAIR Kembali Lakukan Transfer Ilmu Melalui Program Pharmashare 2022 "Study On Group"

Pharmacist Share (Pharmashare) 2022 merupakan suatu kegiatan yang berfokus pada kegiatan bakti sosial untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas kesehatan masyarakat desa binaan. Salah satu bentuk bakti sosial yang dilakukan adalah “Study On Group” yang dilaksanakan di Desa Palangsari, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Kegiatan yang dilakukan berupa belajar bersama dengan siswa-siswi TK maupun SD yang berlangsung mulai dari tanggal 3 hingga 6 Agustus 2022. Acara ini dapat menjadi langkah positif untuk mencapai peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Para peserta dari acara ini juga dapat memperoleh pengetahuan baru yang mungkin tidak didapatkan di sekolah.

Konsep belajar yang menyenangkan membuat mereka lebih mudah memahami materi yang disampaikan dan meningkatkan antusias mereka dalam belajar. Materi yang disampaikan merupakan materi dasar, seperti Matematika dengan konsep “Jarimatika”, Bahasa Inggris dengan konsep pengenalan warna, hewan, dan buah dalam bahasa inggris melalui penayangan lagu dan video, Sains dengan konsep berupa siswa-siswi belajar untuk bereksperimen terkait peristiwa terbentuknya pelangi dan lava melalui media permainan yang terbuat dari bahan-bahan sederhana mampu memberikan kesan menarik bagi siswa-siswi tersebut dalam belajar. Memperkenalkan bahwa belajar itu menyenangkan, dengan belajar kita bisa lebih mengetahui hal-hal baru yang sebelumnya belum diketahui tanpa harus didasari rasa takut akan sulitnya belajar. 

Pendekatan-pendekatan yang dilakukan didasari adanya ketulusan yang tinggi dari mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan siswa-siswi tersebut. Cinta dan kasih sayang yang diberikan mampu menjadi kesan yang tak terlupakan bagi mereka. Membuat nyaman merupakan suatu tantangan, dan berani keluar dari zona nyaman mengajarkan kita bahwa itu adalah awal dari kesuksesan.