info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Pharmashare 2022 - Green Action: Berikan Pengetahuan Terkait TOGA Kepada Siswa Sekolah Dasar

Pharmacist Share (Pharmashare) 2022 merupakan suatu kegiatan yang berfokus pada kegiatan bakti sosial untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas kesehatan masyarakat desa binaan. Salah satu bentuk bakti sosial yang dilakukan adalah “Green Action” yang dilaksanakan pada 6 Agustus 2022 di tingkat pendidikan SD (Sekolah Dasar) yakni SD Negeri Palangsari 1 dan SD Negeri Palangsari 3. Kegiatan yang dilakukan berupa pengenalan tanaman toga kepada siswa-siswi melalui pendekatan berupa menanam bersama beserta pemberian nama ilmiah tanaman dan manfaat tanaman. 

Green Action mengenal tanaman toga ini, mendapatkan respon positif dari siswa-siswi, guru, dan wali murid SDN Palangsari I dan III. Siswa-siswi dikenalkan terkait apa itu tanaman toga, bagaimana menulis nama ilmiah yang baik dan benar, serta apa manfaat yang terkandung di dalam tanaman toga. Hal ini memberikan impact besar bagi siswa-siswi dalam menerima pengetahuan dan pengalaman baru yang belum pernah diajarkan di sekolah. Selain itu, program ini mampu akan mampu meningkatkan kepedulian pada lingkungan sekitar, mencintai penghijauan, sekaligus menjadi suatu upaya pelestarian tanaman toga terutama di Desa Palangsari.

Pendekatan yang menyenangkan membuat siswa-siswi lebih mudah memahami dan menghafal terkait manfaat maupun nama ilmiah tanaman yang ditanam. Hal ini dapat menjadi langkah yang positif dalam pembelajaran untuk mencapai peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.