info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Peduli Kesehatan Mental, Mahasiswa FF UNAIR Selenggarakan Webinar “RAWR: Resilience Are WoRrisome”

Webinar “RAWR: Resilience Are WoRrisome” sukses terselenggara pada Sabtu (13/8) dengan dihadiri oleh mahasiswa dan pelajar melalui Zoom Meeting yang accessible untuk semua golongan. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga akan Mentalh Health di kalangan mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum.

Resiliensi adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi krisis akibat pandemi seperti perasaan tidak ada harapan, ketidakberdayaan, serta ketidakpastian. Forshare, bagian dari pengabdian masyarakat mahasiswa FF UNAIR mengadakan webinar dengan tema tersebut dalam skala nasional. Acara tersebut terbuka untuk umum, sehingga pelajar dan masyarakat lokal juga bisa berpartisipasi dan ikut mengambil manfaat akan cara mengatasi krisis diri.

Webinar dimulai dengan pembukaan oleh ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh ahli. Kedua pemateri yang diundang yakni Atika Dian Ariana, S.Psi, M.Sc (Clinical Psychology and Mental Health Department) dan dr. Azimatuln Karimah SpKJ(K) FISCM (Medical Staff of Department of Psychiatry RS dr. Soetomo Suarabaya.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan sesi tanya jawab antara pemateri dan partisipan yang hadir dalam kegiatan tersebut. Banyak pertanyaan menarik yang muncul dan jawaban-jawaban yang dituturkan oleh pemateri juga sangat jelas dan solutif. Kemudian, acara ditutup dengan pembagian sertifikat kepada para partisipan.

Para participan mengatakan bahwa dengan diselenggarakannya kegiatan semacam ini, mereka mendapat banyak insight baru mengenai cara mengatasi krisis diri yang kerap melanda, terutama pada usia-usia belasan hingga pertengahan 20 tahun. Berkat adanya acara ini, Rini, salah satu pastisipan dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga mengatakan bahwa dibutuhkan banyak webinar dengan tema kesehatan mental yang accessible untuk masyarakat luas guna meningkatkan kesehatan mental dan meminimalisir penyakit-penyakit yang timbul karenanya.