info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

FF UNAIR Terima Mesin Coating Tablet dari Colorcon - PT Menjangan Sakti

Tepat pada tanggal 10 Oktober 2022, digelar agenda serah terima hibah mesin coating tablet Bamtri BG-5 dari Colorcon - PT. Menjangan Sakti ke Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR). Bertempat di ruang sidang pimpinan lantai 2 Gedung Nanizar Zaman Joenoes, agenda tersebut dihadiri oleh Dekan FF UNAIR, Wakil Dekan II FF UNAIR, Dr. Maria Lucia Ardhani selaku Penanggung Jawab alat tersebut dari FF UNAIR serta beberapa staf dari Colorcon - PT. Menjangan Sakti.

Mesin coating tablet Bamtri BG-5 ini digunakan untuk melapisi dan memoles tablet. Tablet coating akan memiliki permukaan yang cerah dan halus setelah dilapisi dan dipoles. Hal ini dapat melindungi inti tablet dari oksidasi, juga dari pengaruh kelembaban ataupun kandungan yang mudah menguap, juga dapat melarutkan dalam sistem usus perut manusia.

Kerjasama antara FFU UNAIR dan Colorcon dalam bentuk mesin coating tablet ini ialah agar para akademisi dan pharmacist dapat terus melakukan pengembangan dan penyempurnaan di bidang kesehatan terkait, sehingga masyarakat nantinya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan (obat-obatan) yang lebih tersempurnakan dan lebih tepat sasaran dalam menangani berbagai jenis penyakit.

Pada hari itu mesin sudah diletakkan pada laboratorium khusus yang disediaakan oleh FF UNAIR serta dilakukan juga uji coba pada mesin tersebut. Uji coba mesin dilakukan dengan didampingi oleh para staf Colorcon - PT. Menjangan Sakti yang hadir kala itu.