info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Tim Grup Riset Rekayasa Bahan FF UNAIR Laksanakan Kunjungan Kerjasama ke Beberapa Industri Farmasi di Semarang

Pada tanggal 5 hingga 6 Oktober 2022 kemarin, Tim Grup Riset Rekayasa Bahan (Pharmaceutical Material Engineering and Processing/PMEP-RG) Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) melaksanakan kunjungan kerjasama ke beberapa industri farmasi di Semarang, Jawa Tengah. Tim kunjungan kerjasama kala itu beranggotakan Prof. Dr. apt. Retno Sari, M.Sc., Dr. apt. Dewi Isadiartuti, M.Si., Bapak apt. Helmy Yusuf, M.Sc., Ph.D., dan Dr. rer.nat apt. Maria Lucia Ardhani Dwi Lestari, M.PharmSci.

Pada hari pertama, 5 Oktober 2022, tim PMEP-RG mengunjungi PT. Phapros Tbk, diterima langsung oleh Quality Operation GM PT Phapros Tbk, apt. Bambang Irawan dan apt. Aries Badrus Sholeh, S.Si., M.Farm Ind. beserta tim dari bagian R&D, QC dan Pengembangan Bisnis.

Selanjutnya juga dilakukan kunjungan ke PT. Sampharindo Retroviral Indonesia yang terletak di kawasan industri Tambakaji dengan disambut secara langsung oleh Drs. apt. Ika Persada, MM. selaku Plant Manager dan apt. Agung Sucahyo selaku Plant Manager PT. Sampharindo Perdana beserta tim R&D dan QC.

Pada hari selanjutnya, dilakukan kunjungan ke CV. Tri Mitra Agŕo di kawasan industri Candi yang memproduksi bahan glukomanan. Tim RG Rekayasa Bahan berdiskusi tentang peluang pemanfaatan tepung glukomanan di bidang farmasi dan upaya peningkatan kualitas dengan manager produksi Bapak Rifa'i dan Manager Marketing, Bapak Budi Hartono.

Tujuan dilakukannya kunjungan kerjasama ini adalah untuk mendapatkan informasi dan berdiskusi tentang peluang kerjasama yang dapat dilakukan oleh FF UNAIR dan beberapa industri terkait. Rencana awalnya, kerjasama akan disesuaikan dengan topik-topik yang dibutuhkan oleh industri tersebut dengan permasalahan bahan baku, formula maupun proses manufaktur, namun tidak menutup kemungkinan jika ada rumusan kerjasama lain yang disepakati.