Ujian UKAI Usai Dilaksanakan, Sumpah Apoteker Menjadi Harapan

Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) telah berhasil digelar pada tanggal 6-7 Agustus 2022 lalu. CBT Center Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) menjadi salah satu lokasi diadakannya UKAI. Sebanyak 239 peserta UKAI mengikuti ujian dengan tertib dan kondusif di CBT FF UNAIR. Peserta ujian tersebut terdiri dari 65 orang mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FF UKWMS) dan 174 mahasiswa FF UNAIR yang mana waktu ujiannya dibagi menjadi 3 sesi.

Menariknya, peserta ujian yang berasal FF UNAIR diwajibkan mengenakan seragam putih hitam saat ujian. Hal tersebut dimaksudkan untuk membiasakan para calon apoteker tampil rapi dan formal saat sudah terjun pada dunia kerja dan menjadi tenaga profesional nantinya.

Sebelum memasuki ruang ujian CBT UKAI mahasiswa harus melewati beberapa rangkain pengecekan ketat dan sesuai dengan protokol kesehatan. Para peserta diwajibkan melalui pengecekan suhu badan, dokumen, verifikasi wajah, pengecekan secara fisik dan dengan metal detector, dan selalu diwajibkan menjaga jarak, menggunakan masker serta hand sanitiser yang telah disediakan oleh panitia. 

Setelah ujian usai, kepulangan para peserta juga harus serentak dan baru diijinkan pulang jika sudah diarahkan oleh panitia. Semua peserta juga harus tetap menjaga jarak sesuai dengan prokes dan dianjurkan langsung pulang sehingga tidak ada kesempatan untuk peserta ujian di sesi yang berbeda bertemu.

Para peserta mengaku sangat lega setelah dapat mengikuti ujian UKAI, namun ada juga rasa khawatir dan cemas yang dialami beberapa peserta terkait hasil ujian mereka. Besar harapan para peserta untuk dapat lolos pada ujian kali ini sehingga dapat mengikuti sumpah apoteker dan sah menjadi tenaga apoteker yang profesional.


Agenda
Unduhan