info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Hari Anti Tembakau Pharmacare 2022

Kematian yang disebabkan oleh rokok setiap tahun meningkat. Menurut WHO 30 % atau setara dengan 17,3 juta kematian disebabkan oleh rokok. Rokok dapat dikatakan sebagai benda kecil yang mematikan, karena dari satu batang rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dan tak jarang yang berakhir pada kematian. Sebagai seorang mahasiswa kesehatan dalam menyikapi situasi ini program kerja Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FF UNAIR yaitu “Pharmacare” mengadakan edukasi mengenai kandungan rokok serta bahaya yang dapat ditimbulkan. Edukasi ini dilakukan pada tanggal 31 Mei 2022 bertepatan dengan “Hari Anti Tembakau Sedunia”, diadakan edukasi ini sebagai bentuk pengimplementasian program SDGs, khususnya SDGs 3 yang berfokus pada bindang kesehatan. 

Edukasi dilakukan secara offline kepada Masyarakat Umum di sekitaran Jalan Dharmawangsa, Surabaya. Selain itu, kami juga melakukan edukasi online dengan mengunggah infografis mengenai kandungan rokok dan bahayanya yang kami unggah di platform instagram. Selain itu, Pharmacare juga mengugah Podcast dengan narasumber mantan perokok aktif yang sudah berhenti merokok. Diadakannya podcast ini supaya masyarakat menjadi lebih termotivasi untuk lepas dari rokok dan mendapatkan tips and trick bagaimana untuk berhenti merokok. 

 

Dengan diadakannya edukasi ini diharapkan masyarakat berkeinginan untuk berhenti merokok dan dapat mengurangi penggunaan rokok, karena pada dasarnya banyak sekali dampak negatif yang disebabkan oleh rokok. Kesehatan jauh lebih berharga, dan dengan berhenti merokok sebagai bukti anda mencintai diri Anda sendiri, Keluarga, dan Lingkungan sekitar.