Pharmacare 2021: Sayangi Keluarga Anda Dengan Meninggalkan Rokok

Kematian yang disebabkan oleh rokok setiap tahun meningkat. Menurut WHO, 30 % atau setara dengan 17,3 juta kematian disebabkan oleh rokok. Rokok dapat dikatakan sebagai benda kecil yang mematikan, karena dari satu batang rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit bahkan menyebabkan kematian. Sebagai seorang mahasiswa kesehatan dalam menyikapi situasi ini program kerja Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FF UNAIR yaitu “Pharmacare” mengadakan edukasi mengenai kandungan rokok sera bahaya yang dapat ditimbulkannya. Edukasi ini dilakukan pada tanggal 31 Mei 2021 bertepatan dengan “Hari Anti Tembakau Sedunia”, diadakan edukasi ini sebagai bentuk pengimplementasian program SDGs, khususnya SDGs 3 yang berfokus pada bindang kesehatan.

Program Edukasi yang dilakuakan oleh pharmacare adalah edukasi secara online. Dimana pihak panitia akan membuat infografis menganai materi kandungan rokok dan bahayanya yang akan kami unggah melalui platform instagram. Sebagai lanjutan dari edukasi online pihak panitia juga menyelenggarakan pemberian edukasi secara offline yang dilakukan oleh beberapa panitia disekitar tempat tinggal masing-masing, dalam edukasi ini kita juga tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, Pharmacare juga mengadakan Podcast dengan narasumber mantan perokok aktif yang sudah berhenti merokok. Diadakannya podcast ini supaya masyarakat menjadi lebih termotivasi untuk lepas dari rokok dan mendapatkan tips bagaimana untuk berhenti merokok.

Dengan diadakannya edukasi ini diharapkan masyarakat mau untuk berhenti merokok karena banyak sekali dampak negatif yang disebabkan oleh rokok. Karena kesehatan jauh lebih berharga, dan dengan berhenti merokok sebagai bukti anda mencintai keluarga anda.


Unduhan