Guest Lecture “Delivery of Peptide Vaccines Using Nano Emulsions to Avoid Immune Responses”

Di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan untuk melakukan aktivitas secara jarak jauh, namun tidak mengurangi semangat untuk tetap berkolaborasi yang dilakukan oleh Fakultas Farmasi Universitas Airlangga dengan University of South Florida, USA. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya kegiatan Kulah Tamu (Guess Lecture) yang menghadirkan Adjunct Professor Yashwant Pathak sebagai narasumber. Pada kesempatan kali ini, kegiatan Kuliah Tamu oleh Professor Pathak mengangkat topik berjudul “Delivery of Peptide Vaccines Using Nano Emulsions to Avoid Immune Responses” yang diadakan melalui Zoom Meeting pada tanggal 24 September 2020.

 

Walaupun dilaksanakan secara virtual, acara ini tetap menarik minat 56 peserta untuk berpartisipasi dalam forum. Terdiri dari mahasiswa dan dosen, banyak sekali pertanyaan yang dilemparkan kepada Professor Pathak mengenai materi yang telah dipresentasikan. Salah satu contoh pertanyaan yang dilontarkan oleh mahasiswa adalah, “Apakah vaksin dalam bentuk nano emulsi lebih sakit apabila disuntikkan?”, yang ditanyakan oleh Lily Aina dari Magister Farmasi Klinis. Ada juga pertayaan dari salah satu dosen, yaitu Bapak I Nyoman Wijaya, tentang “Mana yang lebih baik, emulsi minyak di dalam air atau air di dalam minyak?”.

 

Setelah sesi tanya jawab yang interaktif, kegiatan kuliah tamu ini harus diakhiri karena waktu sudah menunjukkan pukul 11.30. Kedepannya, kegiatan Kuliah Tamu ini diharapkan bisa menambah wawasan bagi para pihak yang terlibat dan juga untuk mensukseskan tercapainya nilai SDG 17, yaitu kolaborasi ilmiah antar Universitas Airlangga dan University of South Florida.


Unduhan