PHARMASHARE Fakultas Farmasi UNAIR 2017

Ajak Masyarakat Desa Jembul Hidup Sehat

Pemberian Hadiah kepada warga yang aktif bertanya dan menjawab.Dalam rangka kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Fakultas Farmasi UNAIR, Tim Komisi Kemahasiswaan bekerjasama dengan BEM FF UNAIR tanggal 8-10 September 2017 melaksanakan kegiatan PHARMASHARE di Desa Jembul, Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Kegiatan PHARMASHARE ini merupakan serangkaian acara yang terdiri dari Penyuluhan Tanaman Obat Tradisional, Penggunaan Obat yang Baik dan Benar, Farmasi Mengajar, Pemeriksaan Kesehatan dan Gigi serta Senam bersama Masyarakat.

Kegiatan dimulai pada Jumat, 8 September 2017 pukul 19.00 dengan agenda Penyuluhan Obat Tradisional kepada ibu-ibu dan remaja putri Desa Jembul. Penyuluhan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai tanaman-tanaman di sekitar rumah warga yang bisa digunakan sebagai tanaman obat. Acara dibuka oleh perangkat Desa Jembul dan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Tim dari Fakultas Vokasi (Batra) Universitas Airlangga.

Penyampaian Materi TOGA oleh pembicara. Pengundian Hadiah buat warga. Pemberian Materi DAGUSIBU oleh Pak Nyoman kepada warga Desa Jembul

Keesokan harinya, Tim pengabdian masyarakat memecah diri untuk melaksanakan dua kegiatan secara paralel yaitu Farmasi Mengajar dan Penyuluhan DAGUSIBU. Kegiatan Farmasi Mengajar merupakan kegiatan pengenalan dunia kefarmasian sejak dini kepada adek-adek siswa SD Negeri Jembul. Materi yang diberikan oleh BEM FF UNAIR berupa games terkait penggolongan obat, cara menyimpan obat dan contoh-contoh nama obat. Acara berlangsung sangat menarik karena dilaksanakan ditengah-tengah jam belajar siswa dan disertai dengan hadiah-hadiah yang diberikan oleh panitia.  Sementara itu, di lapangan Desa Jembul juga dilangsungkan kegiatan Penyuluhan DAGUSIBU yang diberikan oleh I Nyoman Wijaya S.PFRS., Apt.,. Kegiatan ini berisi peyuluhan dan beberapa sesi tanya jawab dan games dengan hadiah yang menarik.

Kegiatan belajar mengajar di SDN 6 Jembul oleh Pak Nyoman dan Pak Catur serta kakak panitia Pelatihan pembuatan kerajinan tangan oleh panitia Pharmashare 2017 Pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga Desa Jembul Pemeriksaan kesehatan oleh BSMI kepada warga Desa Jembul

 

Pemeriksaaan kesehatan gigi kepada anak – anak di Desa Jembul

Pemeberian materi cara menjaga kebersihan gigi oleh Volunteer dari FKG

Setelah kegiatan Penyuluhan, acara pada hari Sabtu, 9 September 2017 dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan gigi oleh tim dokter dan dokter gigi dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi UNAIR. Dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, masyarakat juga menerima obat yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat FF UNAIR.

 

 

Kegiatan senam pagi di lapangan Desa Jembul Kegiatan senam pagi di lapangan Desa JembulAcara ditutup pada hari Minggu, 10 September 2017 dengan kegiatan olahraga bersama dengan masyarakat. Kegiatan ini berisi lomba-lomba ketangkasan dan olahraga yang diikuti oleh semua lapisan masyaraklat Desa Jembul, mulai dari anak-anak sampai usia dewasa.  Melalui survey setelah acara, sebagian besar masyarakat Desa Jembul menginginkan agar kegiatan ini dilaksanakan secara rutin tiap tahun karena memberikan manfaat yang sangat banyak bagi masyarakat.

 


Agenda
Unduhan