Mengukir Prestasi di LKTI

Dua tim delegasi dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga telah lolos seleksi dan dinyatakan sebagai finalis dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diadakan di Universitas Hasanuddin – Makassar pada tanggal 21-23 April 2015. Kegiatan yang betajuk Pharmaceutical Science and Research Competition(Prescription) 2015ini selain bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa, mengembangkan kreativitas dan inovasi, meningkatkan minat menulis, juga untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengembangankan pola pikir kritis terhadap perkembangan isu ekonomi dan sosial yang telah, sedang dan akan terjadi. Mahasiswa sebagai agent of changeselalu dituntut untuk lebih kritis dalam berpikir dan bertindak terhadap situasi nasional.

 

Lomba Karya tulis ilmiah ditujukan bagi seluruh mahasiswa farmasi se-Indonesia untuk mengkaji ide-ide serta gagasan tentang “Optimalisasi Hasil Riset Bidang Farmasi yang Bermanfaat dan Berdaya Saing Global”. Penilaian presentasi oleh dewan juri mengenai pengetahuan dan pemahaman tema serta bagaimana kelayakan implementasi dari karya yang dibuat oleh peserta. Mengusung tema bioavailabilitas, yakni presentase dan kecepatan zat aktif dalam suatu produk obat yang terserap dan beredar dalam tubuh, tim mahasiswa dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga berhasil menyabet juara 1.

 

Delegasi anggota tim Iyang terdiri dari Sukma Adhi Permata– 051211131029, Ahmad Zainul-  051211132009 dan Indah Pudji Oktavia– 051211133067 mendapatkan penghargaan trofi dan sertifikat sebagai  juara 1 dengan judul karya ilmiah “Kokristal Senyawa Antioksidan Quercetin Dengan Nikotinamid Sebagai Upaya Meningkatkan Bioavailabilitas” . Sedangkan  Delegasi anggota tim II yang terdiri dari Frida Putri Nur Islami-  051211131073, Risa Umami Putri– 051211131075 dan Uyun Inayah– 051211132016 Mendapatkan penghargaan sertifikat sebagai finalisdengan judul karya ilmiahnya “Pemanfaatan Minyak Atsiri Daun Sereh dan Nilam dalam Sediaan Patch Dengan Metode Mikroenkapsulasi”

 

Karya tulis ilmiah mahasiswa merupakan cermin kepedulian seorang intelektual muda terhadap masa depan bangsanya di tengah kondisi negeri yang sampai saat ini masih diliputi berbagai permasalahan  multidimensi. Hasil dari buah pikir para generasi muda ini diharapkan  menjadi  rekomendasi  untuk  membangun  Indonesia menjadi lebih baik, khususnya di bidang kesehatan. Untuk itu prestasi seperti ini layak untuk dibanggakan dan selalu dikembangkan. Semoga di tahun-tahun mendatang mahasiswa Fakultas Farmasi Unair turut berpartisipasi dan terus mengukir prestasi. Hidup Mahasiswa !

Agenda
Unduhan