info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Tim Pengmas FF UNAIR Gelar Pelatihan Dagusibu untuk Siswa Pondok Pesantren

Tim Pengmas FF UNAIR Gelar Pelatihan Dagusibu untuk Siswa Pondok Pesantren

Pada Sabtu, 14 September 2024 tim pengabdian masyarakat Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) kembali bergerak untuk melaksanakan kegiatan yang edukatif. Di hari tersebut rombongan tim pengmas FF UNAIR menggelar kegiatan dengan judul "Pelatihan pengelolaan obat-obatan 'DAGUSIBU' di Pondok Pesantren Raudlatul Mustofa Dusun Pundensari Tulungagung".

Bertempat di Balai Latihan Kerja Pondok Pesantren Raudlatul Musthofa, peserta yang terdiri dari 120 siswa petugas UKS dan para guru pendamping mengikuti kegiatan dengan antusias. Seluruh peserta mengikuti seluruh rangkaian acara pelatihan yang dilaksanakan dengan metode ceramah dan tutorial ini dengan baik. Mereka juga diberikan kesempatan untuk bertanya pada para narasumber.

Kala itu para peserta diberi edukasi tentang perilaku hidup bersih sehat di pondok pesantren oleh Bu Sri Endah Pratiwi yang merupakan Sarjana terapan  Kebidanan

Kemudian, Ibu apt. Gusti Noorrizka V. A., S.Si., M.Sc. selaku ketua kegiatan beserta tim nya memberikan pelatihan pengelolaan obat (Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang/DAGUSiBU). Para peserta diajarkan cara mengukur sediaan cair, obat tablet antasida, serta obat luar seperti krim dan lotion yang benar. Tentunya cara menyimpan dan membuang obat yang benar juga disampaikan.

Tim pengmas FF UNAIR pada kesempatan ini juga memberikan obat-obatan yang digunakan sebagai media tutorial kepada pihak pondok pesantren Raudlatul Musthofa agar dapat bermanfaat bagi santri dan santriwati.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari SDGs 4 "Quality Education".

Tim Pengmas FF UNAIR dan Perwakilan Pondok Pesantren Berfoto Bersama di Akhir Sesi Kegiatan