info@ff.unair.ac.id +62-31-5933150

Melalui Pengabdian Masyarakat Tingkat Internasional FF UNAIR, Bahas Isu Kesehatan Mental

Sesi diskusi dengan narasumber

Pada Sabtu (5/11/2022) lalu, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) telah sukses menyelenggarakan pengabdian masyarakat tingkat internasional. Acara ini merupakan rangkain acara dari Pharmacy Practice Webinar Festival 2022

Kegiatan dengan judul "International Virtual Community Development: Sharing Session on Pharmacy Student Mental Health and Stress Management" ini diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dan Youtube sehingga dapat ditonton secara bebas oleh masyarakat umum yang ingin menambah pengetahuan mengenai kesehatan mental.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan dan pengalaman kepada mahasiswa maupun masyarakat umum untuk mempelajari topik dan kasus yang berkaitan dengan kesehatan mental serta saling berbagi pengalaman dengan mahasiswa global. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta mampu mengidentifikasi masalah kesehatan mental selama proses pendidikan, mengatasi masalah terkait kesehatan mental dan mampu mengembangkan sikap hidup positif serta saling berbagi untuk mengurangi problem mental.

Kegiatan ini diawali dengan acara pembuka dan sambutan, lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi dan berdiskusi dengan narasumber. Ada 3 narasumber yang diundang pada kegiatan ini yaitu apt. Andi Hermansyah, PhD (FF UNAIR), Dr. Mohd. Nadzri Mohd. Najib (UiTM, Malaysia), dan Dr. Sharifa Sultana (Daffodil International University, Bangladesh). 

Pada sesi diskusi dengan narasumber, agenda berlanjut dengan sesi berbagi pengalaman mengenai kesehatan mental yang pernah dialami oleh peserta dengan dibagi menjadi 4 ruang. Panitia menghimbau kepada para peserta untuk tidak ragu membagikan pengalaman mereka yang mungkin dapat membantu diri mereka sendiri maupun orang lain. Peserta yang hendak membagikan pengalaman juga tidak harus menyalakan video apabila memang dirasa tidak nyaman.

Para mahasiswa farmasi membagikan pengalamannya terkait kesehatan mental